News

Rusia Sebut 18 WNI Jadi Tameng Hidup Ukraina, Kemenlu Pastikan Aman

Rusia Sebut 18 WNI Jadi Tameng Hidup Ukraina, Kemenlu Pastikan Aman

Pihak Rusia mengklaim kelompok radikal Ukraina menjadikan 1.634 warga negara asing (WNA) sebagai tameng hidup (human shield). Dari ribuan orang tersebut, ada 18 WNI jadi tameng hidup Ukraina. Pihak Indonesia sendiri memastikan seluruh WNI di Ukraina dalam kondisi aman.

Informasi ini disampaikan oleh kantor berita Rusia pada 7 Maret 2022. Selain itu, pihak Kedutaan Besar Rusia di Filipina juga menyampaikan informasi serupa melalui grup Telegram pada, Senin (7/3/2022).

"Kelompok radikal Kiev terus menyandera lebih dari 1.500 (1.634) orang asing sebagai tameng hidup," ujar Kepala Pusat Pertahanan Nasional Rusia, Mikhail Mezentsev, dalam laporan berita tersebut.

Lihat Juga: Sejarah Konflik Rusia vs Ukraina yang Kini Makin Memanas

Kedutaan Besar Rusia di Filipina mengatakan daftar negara asing yang (menurut Rusia) dijadikan tameng hidup Ukraina. Ada ratusan warga negara Yordania, India, Tanzania, China, puluhan warga negara Mesir, Pakistan, Turki dan belasan warga negara Vietnam, Tunisia hingga Indonesia.

Berdasarkan daftar tersebut, 18 WNI jadi tameng hidup Ukraina yaitu dua WNI di Kharkiv, tujuh di Odessa dan sembilan di Chernihiv.

WNI Jadi Tameng Hidup Ukraina, Kemenlu Pastikan Aman

WNI jadi tameng hidup ukraina
Warga Sipil Ukraina Ikut Berperang Lawan Rusia

Melansir laman detikcom, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) memastikan seluruh WNI di Ukraina dalam kondisi aman.

Adapun dua WNI di Kharkiv kini tengah dievakuasi ke tempat aman. Sementara itu WNI di Odessa kini sudah pulang ke Indonesia.

Secara umum, saat ini ada 51 WNI di Ukraina. Mayoritas dari mereka merupakan WNI yang memilih menetap di Ukraina, ada juga beberapa WNI yang tengah diupayakan dievakuasi keluar Ukraina, antara lain di Kharkiv dan Chernihiv.

Lihat Juga: Jokowi Diminta Aktif Akhiri Konflik Rusia-Ukraina

Lalu, apakah kabar dari Rusia soal WNI jadi tameng hidup Ukraina adalah informasi benar atau bohong? Kemlu RI tak mendapat laporan seperti informasi tersebut

"Di Kyiev masih ada staf KBRI dan saya tidak mendengar sinyalemen tersebut (bahwa WNI jadi tameng hidup Ukraina)," jelas Juru Bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah.

Yang pasti, seluruh WNI di Ukraina dalam kondisi aman, tak menjadi tameng hidup dan KBRI juga terus memperbarui informasi WNI di Ukraina.

"KBRI Kyiv terus menjalin komunikasi dengan para WNI yang masih berada di Ukraina. Kondisi mereka relatif aman dan baik," ucap Judha.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top