News

Sah Formasi Baru! DPR RI Lantik 9 Calon Anggota Komnas HAM 2022-2027

Komnas HAM

DPR RI mengesahkan 9 anggota Komnas HAM periode 2022-2027. Mereka terpilih berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan yang telah dilakukan oleh Komisi III DPR.

Pengesahan itu dilakukan dalam rapat paripurna di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10/2022). Rapat dipimpin Ketua DPR Puan Maharani.

Sebanyak sembilan nama Komnas HAM tersebut diambil dari total 14 nama yang mengikuti proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR, Senin (2/10).

Pengesahan diawali dengan pembacaan hasil uji kelayakan yang disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh. Dia bicara pentingnya anggota Komnas HAM yang memiliki integritas dalam menjalankan tugasnya.

“Pada kesempatan kali ini kami menyampaikan bahwa Komisi III DPR RI sangat memandang penting dibutuhkannya anggota Komnas HAM yang memiliki integritas, berkualitas, profesional dan kredibel dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Komnas HAM dalam penegakan HAM di Indonesia,” kata Pangeran.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad lalu menanyakan kepada anggota dewan terkait hasil uji kelayakan calon anggota Komnas HAM. Para anggota dewan pun menjawab setuju.

“Sidang dewan yang terhormat sekarang perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat apakah laporan Komisi III atas hasil uji kelayakan anggota Komnas HAM periode 2022-2027 dapat disetujui?” tanya Dasco.

“Setuju,” jawab anggota Dewan.

Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro

Profil Singkat 9 Anggota Komnas HAM Periode 2022-2027

1. Abdul Haris Semendawai

Abdul Haris Semendawai merupakan satu dari beberapa alumni Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII). Ia sudah dua kali menjabat sebagai Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Republik Indonesia pada 2008-2013 dan 2013-2018. 

2. Anis Hidayah
Anis Hidayah merupakan Ketua Pusat Studi Migrasi Migrant Care. Ia adalah aktivis hak asasi manusia khususnya mengenai buruh migran Indonesia di luar negeri. Anis juga merupakan salah satu pendiri Migrant Care. Ia kerap menyoroti sejumlah kejadian penipuan dan penganiayaan terhadap para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri dari tahun ke tahun semakin meningkat. 

3. Atnike Nova Sigiro (Ketua Komnas HAM)

Atnike Nova Sigiro lulusan S3 menjabat sebagai Direktur Jurnal Perempuan. Ia memiliki pengalaman mengajar di Universitas Paramadina dan juga Advisory Board Lokataru Foundation pada tahun 2017. Atnike dikenal dengan perspektif feminis memandang kebijakan publik. Berbagai kasus kekerasan terhadap perempuan juga sering ia soroti.

4. Hari Kurniawan

Hari Kurniawan merupakan advokat dari LBH Disabilitas. Ia sering melakukan kampanye terkait hak-hak penyandang disabilitas di serikat-serikat buruh dan sampai saat ini aktif melakukan advokasi hak-hak penyandang disabilitas di Indonesia. 

5. Prabianto Mukti Wibowo

Prabianto Mukti Wibowo pernah menjabat Asisten Deputi Tata Kelola Kehutanan pada 2015. Pada 2017 ia menjadi Asisten Deputi Tata Kelola Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Saat ini Prabianto menjabat sebagai Tenaga Ahli Bidang Reforma Agraria dan Kehutanan pada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. 

6. Pramono Ubaid Tanthowi

Pramono Ubaid Tanthowi merupakan Komisioner KPU (2017-2022)

7. Putu Elvina

Putu Elvina adalah Anggota Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) penanggung jawab bidang Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH). 

8. Saurlin P Siagian

Peneliti Sosial dan Dosen Universitas Darma Agung. Ia kerap menyoroti konflik agraria. Saurlin juga menjadi konsultan peneliti di Asia Society Policy Institute. 

9. Uli Parulian Sihombing

Uli Parulian Sihombing adalah Direktur ILRC. The Indonesian Legal Resource Center (ILRC) adalah organisasi non pemerintah yang konsen pada reformasi pendidikan hukum.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top