News

Sah! Pemerintah Nyatakan KKB Teroris

Sah! Pemerintah Nyatakan KKB Teroris

Mahfud Md, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) mengumumkan sikap pemerintah atas rentetan penyerangan KKB di Papua terhadap TNI-Polri dan masyarakat sipil. Mahfud menyatakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) sebagai teroris.

“Pemerintah menganggap bahwa kelompok dan orang-orang di Papua yang melakukan kekerasan masif dikelompokkan sebagai teroris. Ini sesuai dengan peraturan UU No 5 Th 2018,” tutur Mahfud Md saat konferensi pers di Kemenko Polhukam, Kamis (29/4/2021).

Definisi Teroris Menurut UU

Mahfud lalu menjelaskan pengertian teroris berdasarkan ketentuan Undang Undang tersebut.

“Di mana yang dikategorikan teroris yaitu siapa pun orang yang merencanakan menggerakkan serta mengorganisasikan terorisme. Sedangkan terorisme yaitu tiap tindakan yang menggunakan kekerasan ataupun ancaman kekerasan yang mengakibatkan suasana teror atau rasa takut secara luas. Yang bisa menyebabkan korban secara massal serta atau menyebabkan kerusakan maupun kehancuran terhadap objek penting yang strategis. Terhadap lingkungan hidup, fasilitas publik maupun fasilitas internasional,” terang Mahfud Md.

“Dengan latar belakang ideologi, politik serta kemanan. Berdasarkan pengertian tersebut maka apa yang dilakukan oleh KKB dan seluruh nama organisasinya, dan semua orang yang terhubung dengannya merupakan tindakan teroris,” lanjut Menko Polhukam Mahfud Md.

Selain itu, ia juga meminta kepada aparat keamanan agar secepatnya melakukan tindakan tegas serta terukur terhadap kelompok kriminal bersenjat.

“Karena itu, maka pemerintah telah memintak kepada TNI-Polri, BIN serta aoarat terkait secepatnya melakukan tindakan dengan cepat, tegas dan terukur menurut hukum. Dalam artian jangan sampai menyesar ke warga sipil,” tegas Mahfud Md.

Lihat Juga: Kepala BIN Daerah Papua Gugur Ditembak KKB Papua

Terbaru, kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua pimpinan Lekagak Telenggen itu terlibat baku tembak dengan aparat keamanan. Akibatnya seorang anggota Bromob gugur, 2 lainnya luka-luka dan 9 orang KKB tewas.

Kombes Pol Iqbal Alqudussy, Kasatgas Humas Nemangkawi mengatakan, aparat terus melakukan pengejaran terhadap anggota KKB yang beberapa waktu terakhir melakukan penyerangan di wilayah Ilaga. Menurut keterangannya, kelompok bersenjata itu kini melarikan diri ke kawasan Kampung Makki.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top