News

Sah! Raja Charles III Resmi Jadi Penguasa Monarki Inggris

Raja Charles III

Acara seremonial penetapan Charles sebagai Raja Inggris telah digelar di Istana St James, Sabtu (10/9/2022) waktu setempat. Ia kini resmi menyandang Raja Charles III untuk memimpin Kerajaan Inggris dan persemakmurannya

Acara seremonial penetapan Charles sebagai Raja Inggris telah digelar di Istana St James, Sabtu (10/9/2022) waktu setempat. Ia kini resmi menyandang Raja Charles III untuk memimpin Kerajaan Inggris dan persemakmurannya. 

Dilansir dari The Guardian, Sabtu (10/9/2022), seremoni ini dihadiri oleh para anggota Dewan Aksesi (Accession Council) — lembaga seremonial yang terdiri atas para bangsawan, tokoh politik dan keagamaan, yang mencakup Permaisuri Camilla, Pangeran William, Perdana Menteri (PM) Inggris Liz Truss, juga anggota kabinet dan anggota kabinet bayangan, serta Uskup Agung Canterbury.

Selain Truss, enam mantan PM Inggris lainnya termasuk Boris Johnson dan Theresa May, juga hadir dalam seremoni ini. Seremoni aksesi ini acara bersejarah yang dilakukan selama berabad-abad. Tapi, untuk pertama kalinya disiarkan di televisi.

Ketua House of Commons dan Presiden House of Lords pada parlemen Inggris, Penny Mordaunt, yang memimpin seremoni ini mengawali dengan secara simbolis mengumumkan wafatnya Ratu Elizabeth II.

“Menjadi tugas menyedihkan bagi saya untuk memberitahu Anda bahwa Yang Mula Ratu Elizabeth II yang paling murah hati telah meninggal dunia pada Kamis, 8 September 2022, di Kastil Balmoral,” ucap Mordaunt di hadapan para anggota Dewan Aksesi.

Jumlah anggota Dewan Aksesi mencapai 700 orang, namun yang hadir dilaporkan hanya sekitar 250 orang. Keterbatasan kapasitas di lokasi menjadikan harus ada surat bagi anggota yang ingin hadir namun tidak lagi aktif dalam jabatan publik.

Panitera Dewan Penasihat pada Dewan Aksesi ini, Richard Tilbrook, kemudian menyampaikan penetapan Charles sebagai Raja Inggris yang baru, dengan sebutan Raja Charles III.

“Bahwa Tuhan Yang Maha Kuasa berkenan untuk mengampuni mendiang Ratu Elizabeth II yang berdaulat dari kenangan yang diberkati dan dimuliakan, yang dengan kematiannya, mahkota Inggris Raya dan Irlandia Utara semata-mata dan sesuai hak datang kepada Pangeran Charles, Philip Arthur George,” ucap Tilbrook.

“Oleh karena itu, kami, penguasa spiritual dan temporal dari kerajaan ini, dan para anggota House of Commons bersama dengan anggota lainnya dari Dewan Penasihat mendiang Yang Mulia dan perwakilan dari kerajaan dan wilayah, anggota dewan, warga London dan lainnya, dengan satu suara dan persetujuan dari lidah dan hati mempublikasikan dan menyatakan bahwa Pangeran Charles Philip Arthur George sekarang, dengan kematian mendiang penguasa kami, menjadi satu-satunya Lord kami yang sah,” imbuhnya.

“Charles III, dengan rahmat Tuhan, Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara, dan kerajaan dan wilayah lainnya, Raja, kepala persemakmuran, pembela kesetiaan, kepada siapa kami memberikan kesetiaan dan kepatuhan dengan rendah hati,” tegas Tilbrook.

“God Save the King,” imbuh Tilbrook yang dibalas oleh para anggota Dewan Aksesi dengan ungkapan yang sama

Lihat juga: Kenang Ratu Elizabeth II, Kisah Hidupnya Dirangkum Dalam 7 Film dan Series Ini

Raja Charles III, Jadi Raja Tertua Inggris

Raja Charles III
Sah! Raja Charles III Resmi Jadi Penguasa Monarki Inggris

Di usianya yang sudah menginjak 73 tahun, Raja Charles III menjadi sosok tertua yang menerima tahta kerajaan dalam sejarah Inggris. Sebelum Raja Charles III, Raja William IV adalah raja tertua dalam sejarah yang naik tahta di usia 64 tahun pada 1830.

Setelah disahkan menjadi Raja Inggris, berikut ini deklarasi lengkap dari proses proklamasi Raja Charles III.

Bangsawan, Nyonya-nyonya, dan Tuan-tuan.

Merupakan kewajiban saya yang paling menyedihkan untuk mengumumkan kepada Anda kematian Ibunda tercinta, Sang Ratu.

Saya tahu seberapa dalam Anda, seluruh Bangsa – dan saya pikir saya dapat mengatakan seluruh dunia – bersimpati dengan saya dalam kehilangan yang tidak dapat diperbaiki yang telah kita semua derita.

Merupakan penghiburan terbesar bagi saya untuk menerima simpati yang diungkapkan oleh begitu banyak saudara dan saudari saya dan bahwa kasih sayang dan dukungan yang luar biasa seperti itu harus diberikan kepada seluruh keluarga kami dalam kehilangan kami.

Kepada kita semua sebagai sebuah keluarga, seperti kerajaan ini dan keluarga bangsa yang lebih luas di mana ia menjadi bagiannya, Ibunda saya memberikan contoh cinta seumur hidup dan pelayanan tanpa pamrih.

Pemerintahan Ibu saya tiada bandingnya dalam durasi, dedikasi dan pengabdiannya. Bahkan saat kita berduka, kita bersyukur atas kehidupan yang paling setia ini.

Saya sangat menyadari warisan yang besar ini dan akan tugas dan tanggung jawab yang berat dari Kedaulatan yang sekarang telah dilimpahkan kepada saya. Dalam mengambil tanggung jawab ini, saya akan berusaha untuk mengikuti contoh inspirasi yang telah saya berikan dalam menegakkan pemerintahan konstitusional dan mendorong perdamaian, harmoni dan kemakmuran masyarakat Kepulauan ini dan wilayah Persemakmuran dan teritori di seluruh dunia.

Dalam tujuan ini, saya tahu bahwa saya akan dijunjung tinggi oleh kasih sayang dan kesetiaan orang-orang yang Kedaulatannya telah saya emban, dan bahwa dalam melaksanakan tugas-tugas ini saya akan dibimbing oleh nasihat dari parlemen terpilih. Dalam semua ini, saya sangat didorong oleh dukungan terus-menerus dari istri tercinta.

Saya mengambil kesempatan ini untuk menyatakan kesediaan dan niat saya untuk melanjutkan tradisi penyerahan pendapatan turun-temurun, termasuk harta, kepada Pemerintahan saya untuk kepentingan semua, sebagai imbalan atas Hibah Yang Berdaulat, yang mendukung tugas resmi saya sebagai kepala negara dan pemimpin bangsa.

Dan dalam melaksanakan tugas berat yang telah dilimpahkan kepada saya, dan yang sekarang saya persembahkan sisa hidup saya, saya berdoa memohon bimbingan dan pertolongan Tuhan Yang Maha Esa.

Selamat untuk Raja Charles III, Atas pelantikannya sebagai Raja Inggris. God Save the King.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top