News

Sandiaga Uno Dari Lawan Jadi Menteri Jokowi

Sandiaga Uno Dari Lawan Jadi Menteri Jokowi

Presiden RI Joko Widodo siang tadi mengumumkan reshuffle kabinet. Wishnutama Ksubandio benar-benar dievaluasi dan digantikan Sandiaga Uno. Pengumuman reshuffle kabinet ini baru saja disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Presiden, Selasa (22/12/2020) siang. Presiden didampingi oleh Wapres Ma’ruf Amin.

“Bersama-sama dengan bapak Wakil Presiden mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia Maju,” kata Presiden Jokowi.

Pertama, Presiden Jokowi menyebutkan nama Tri Rismaharini yang akan menjabat sebagai Menteri Sosial. Lalu dilanjutkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Yang kedua, saya ingin mengenalkan bapak Sandiaga Salahudin Uno. Beliau dulu wakil gubernur DKI Jakarta, ketua HIPMI, sekarang kita berikan tanggung jawab untuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar Presiden Jokowi.

Lihat Juga: Tri Rismaharini Emban Jabatan Menteri Sosial

Tidak lama setelah pengumuman itu, mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama mengunggah ucapan selamat kepada Sandiaga.

“Alhamdulillah mas @sandiuno telah terpilih menggantikan saya untuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” tulisnya.

Sebelumnya, kinerja Wishnutama dinilai kurang optimal, hal tersebut ditunjukkan dari hasil survey Indonesia Political Review yang meranking 38 Menteri. Dan Wishnutama berada di urutan ke 33.

Kinerja Wishnutama juga dipertanyakan publik sejak Februari 2020 lalu. Pada 19 Februari, Indo Barometer mengeluarkan daftar 10 nama menteri dari Kabinet Indonesia Maju dengan kinerja bagus. Dalam daftar tersebut tidak ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Lihat Juga: Disebut Akan Jadi Menkes, Siapa Budi Gunadi Sadikin?

Sebelumnya, Sandiaga Uno memiliki karier politik sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta bersama Anies Baswedan. Kemudian, ia mengundurkan diri dan maju sebagai kandidat wakil presiden bersama pasangannya Prabowo Subianto pada 2019 lalu.

Kini, Sandiaga Uno mempunyai PR terkait program pemulihan pariwisata yang diprioritaskan. PR tersebut terasa lebih berat karena masih berada di tengah pandemi Covid. Pria yang lahir di Pekanbaru 1969 lalu ini akan dilantik bersama sejumlah menteri terpilih lainnya besok, Rabu (23/12).

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top