News

Sandiaga Uno Tinggal Menunggu Restu Prabowo untuk Maju Pilpres 2024

Sandiaga Uno

Sandiaga Uno sudah menyatakan siap maju dalam Pilpres 2024. Dia mengaku dihubungi banyak partai. Meski demikian sampai detik ini ia belum mendeklarasikan diri.

Sandi menyatakan dia masih menunggu restu dan lampu hijau dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Itu keputusannya ada di beliau dan bukan dalam kapasitas saya. Saya sangat menghormati beliau, nanti beliau yang akan mengambil keputusan,” kata Sandi saat menghadiri undangan PPP Jatim, di Surabaya, Selasa (25/10).

Sebagai kader Gerindra, Sandiaga Uno mengaku sudah melaporkan kepada Prabowo segala yang ia dengarkan saat berkeliling di daerah. Termasuk soal dukungan politik yang diterimanya.

“Sebagai kader Pak Prabowo, saya tentunya menyerahkan seluruh laporan dari apa yang saya dengarkan dari setiap kegiatan,” ucapnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini pun mengaku tegak lurus dengan arahan Prabowo. Dia yakin keputusan pasangannya pada Pilpres 2019 akan mengedepankan kepentingan bangsa dan negara.

“Saya tegak lurus kepada apa yang menjadi arahan beliau. Dan saya meyakini beliau akan mengedepankan kepentingan bangsa dan negara,” ujarnya.

Sandiaga Uno mencontohkan, selama ini dia sangat tegak lurus dan patuh atas arahan Prabowo, misalnya saat dia diperintahkan untuk terjun di pemerintahan menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Juga ketika dia diminta mundur sebagai Wakil Gubernur DKI beberapa tahun lalu.

“Seperti yang selama ini saya ditugaskan di pemerintahan, sebelumnya juga di 2019 saya mundur dari wakil gubernur, maupun juga mundur dari partai Gerindra,” katanya.

Dukungan PPP Untuk Sandiaga Uno

Banyak pihak mengatakan bahwa kedekatan Sandiaga Uno dengan PPP semakin erat. Tidak sedikit pula yang mengaitkan kedatangan Sandiaga Uno tersebut sebagai bentuk penguatan sinyal PPP akan mendukung Sandiaga Uno pada Pilpres 2024 mendatang.

“Saya ini diundang om (Suharso) saya, jadi beliau mengundang, kalau tidak hadir kualat,” kata Sandi saat ditemui usai acara Workshop Nasional Anggota DPRD Fraksi PPP

Sandi menjelaskan, sedari kecil ia selalu didukung oleh Suharso Monoarfa. Dia turut mendoakan Suharso agar sehat dalam mengemban amanahnya yang sangat sentral dan strategis.

Kala disinggung ihwal sinyal dukungan PPP terhadapnya, Sandi mengatakan hal tersebut merupakan hak prerogatif Suharso. Sandi mengatakan akan menampung semua aspirasi sesuai arahan Presiden Jokowi.

Sementara itu, Suharso tidak menjelaskan secara eksplisit ihwal dukungan PPP terhadap Sandi. Dia hanya mengatakan Indonesia membutuhkan pemimpin yang mengerti masalah dan dapat membawa solusi. Suharso tidak mengiyakan maupun menolak kala ditanya soal Sandi yang masuk dalam kriteria pemimpin tersebut.

“Saya sangat subjektif, nanti, tapi kalau anda punya ponakan jawaban anda apa?” kata Suharso.

Sebelumnya, Sandi menyatakan siap maju dalam pemilu 2024. Hal ini disampaikan kala ia menemui sejumlah tokoh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam agenda lawatannya ke Yogyakarta pada 30 Agustus 2022 lalu.

Kala itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Yogyakarta, Muhammad Yazid, turut memberi sinyal dukungan kepada Sandiaga. Kendati keputusan capres yang diusung diserahkan ke mekanisme partai, namun ia tak memungkiri jika Sandi menjadi salah satu opsi yang akan mereka usung. Nama Sandi juga mencuat di pengurus PPP Lampung dan Aceh.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top