News

Sandiaga Uno Siap Nyapres, Fadli Zon: Itu Kan Wacana!

Sandiaga Uno Siap Nyapres, Fadli Zon: Itu Kan Wacana!

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengomentari niat Menparekraf sekaligus politikus Gerindra Sandiaga Uno untuk nyapres di 2024 mendatang. Fadli Zon menegaskan Gerindra mendukung Ketua Umum Prabowo Subianto nyapres di 2024.

“Di internal, Gerindra solid mendukung pak Prabowo,” kata Fadli Zon, Senin (12/9/2022).

Fadli Zon lantas menyinggung konsekuensi jika ada kader Gerindra yang bakal maju sebagai Pilpres 2024. Meski begitu, Waketum Gerindra itu menyebut niat Sandiaga Uno nyapres masih sekadar wacana.

“Kalau secara partai, kita udah pasti akan mendukung pak Prabowo sebagai capres, itu hasil rapimnas. Tapi kalau memang ada kader yang lain, ya tentu ketika mengambil keputusan, ada konsekuensinya. Kan sekarang ini belum ya, belum ada satu keputusan apapun, hanya wacana kan,” paparnya.

Fadli Zon melanjutkan sebuah wacana belum tentu menjadi kenyataan. Dia melihat perihal capres akan semakin jelas pada tahun depan, lebih-lebih menjelang hari penetapan capres.

“Kan belum tentu maju sebagai captes. Wacana, belum tentu. Tahun depan menurut saya ketika sudah ada penetapan calon atau menjelang penetapan calon baru keliatan, itu pasti ada kejelasan,” ucap Fadli Zon.

“Pak Sandi juga paham sekali fasum politik seperti apa, tetapi saya kira masih terlalu awal untuk melihat itu,” sambungnya.

Fadli Zon menuturkan hingga saat ini belum ada pembicaraan terkait wacanan pencalonan Sandiaga di Pilpres 2024. Dia menyerahkan hal semacam itu kepada Ketum Gerindra.

“Bagaimana pun, Sandi kan orang yang kita dukung kemarin sebagai cawapres sama pak Prabowo. Tentu, yang paling tahu dan paling dekat dengan Sandi adalah Prabowo. Dan, kalau ada keputusan apapun, saya kira keputusan akhir kepada Prabowo sebagai Ketum dan dewan pembina di Gerindra,” ungkapnya.

Wacana Sandiaga Uno Nyapres

Untuk diketahui, Sandiaga Uno sebelumnya bertemu dengan Ketua DPW PPP DIY Muhammad Yazid dan kader PPP di Bantu, Yogyakarta. Menparekraf itu mengatakan isi pertemuannya membahas tentang masa depan Indonesia, terutama bagaimana capaian pembangunan saat ini berjalan secara kontinyu.

Ketika ditanya apakah siap maju di Pilpres 2024, Sandiaga Uno menyatakan siap. Akan tetapi, dia menyerahkan perihal kriteria pasangan kepada partai pengusungnya.

“Siap (maju di Pilpres 2024),” ucap Sandiaga Uno.

PPP sendiri yang merupakan salah satu partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) membuka pintu untuk Sandiaga Uno maju di Pilpres mendatang. Sandiaga Uno disebut memiliki hubungan baik dengan PPP.

“Baik itu tokoh yang dari partai politik maupun tokoh yang tidak memiliki partai politik. Semua kita buka kesempatan karena itu tokoh-tokoh bangsa yang perlu diberikan ruang yang cukup untuk me-running melalui KIB. Tentu dengan kesepakatan-kesepakatan misalkan sesuai dengan platform visi misi dari KIB. Semuanya serba terbuka,” kata Ketua DPP PPP Achmad Baidlowi.

“Yang kebetulan bang Sandi hubungan dengan PPP baik sejak dulu. Kemarin-kemarin ketika Pilpres kita hanya berbeda haluan, namun itu tidak membatasi komunikasi, silaturahmi kita dengan bang Sandi. Terakhir beliau hadir di acara workshop DPRD Fraksi PPP seluruh Indonesia dan cukup antusias,” sambungnya.

Baidlowi menegaskan partainya terbuka untuk siapa saja jika ingin bergabung mendatang. Meski begitu, dia menghormati bahwa Sandiaga Uno merupakan kader partai lain.

“PPP terbuka untuk siapapun. Temen-temen media mau gabung ke PPP, boleh. Apalagi bang Sandi, gitu kan,” tegasnya.

Lantas, apa langkah Sandiaga Uno berikutnya jika memang betul-betul ingin nyapres? Kita lihat ke depannya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top