News

Santri Siaga Jiwa Dan Raga Jadi Tema Hari Santri Nasional 2021

Santri Siaga Jiwa Dan Raga Jadi Tema Hari Santri Nasional 2021

Tepat pada hari ini, 22 Oktober 2021 diperingati sebagai Hari Santri. Mengutip dari situs kemenag.go.id, peringatan tahun ini memiliki tema Santri Siaga Jiwa dan Raga. Tema beserta logo peringatan hari ini pun telah dirilis pada Selasa, 21 September 2021, oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama Jakarta.

Tema tersebut dipilih supaya para santri selalu siap siaga memberikan jiwa dan raganya untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan dan mewujudkan perdamaian dunia.

“Jadi, Siaga Jiwa Raja jadi sangat penting di masa pandemi COVID-19 saat ini. Di mana santri tetap disiplin tak boleh lengah dalam menerapkan prokes 5M+1D (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas dan Doa) untuk kepentingan Bersama,” kata Menag, Selasa (21/10/2021).

Dilansir dari dki.kemenag.go.id, peringatan hari ini pertama kali ditetapkan pemerintah melalui Keputusan Presiden No 22 Tahun 2015. Penetapan ini berdasarkan revolusi jihad yang dicanangkan oleh KH. Hasyim Asy’ari, Pendiri NU, pada 22 Oktober 1945 di Surabaya.

Resolusi jihad bertujuan untuk mencegah kembalinya militer Belanda yang mengatasnamakan NICA. Peringatan hari ini juga tak merujuk pada komunitas terntu, melainkan untuk mereka yang di tubuhnya mengalir darah Merah Putih dan tiap tarikan napasnya terpancar La ilaha illa Allah.

Maksud ditetapkannya hari ini adalah untuk meneladani semangat jihad kepada santri-santri tentang cinta tanah air seperti yang digelorakan para ulama.

Logo Hari Santri 2021

Logo peringatan Hari Santri 2021 terlihat lebih berwarna dengan kesan yang lebih fresh dan disertai filosofi mendalam.

  1. Menggambarkan posisi sholat, artinya para santri selalu berserah diri pada Tuhan.
  2. Posisi sujud, sujud merupakan ikhtiar serta ketulusan supaya pandemi cepat berakhir.
  3. Lambang 2 orang saling menangkupkan tangan, melambangkan kebersamaan yang artinya santri selalu berkolaborasi, Bersama dalam suka ataupun duka.
  4. Simbol semangat, ini adalah keyakinan santri bahwa dengan kerja keras dan semangat, apapun bisa dicapai.
  5. Simbol seseorang yang tengah berbagi, menggambarkan sosok yang senang berbagi kepada sesama dan Indonesia.

Sedangkan warna-warni pada logo tersebut adalah gambaran semangat yang menggelora dan kolaborasi kaum santri untuk mengabdi pada tanah air dan Ilahi Rabbi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top