News

Satu Kesalahan Annisa Pohan Berujung Diserang Kritik

Satu Kesalahan Annisa Pohan Berujung Diserang Kritik

Nama istri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Annisa Pohan tengah disorot publik lantaran salah mengutip ayat Al-Qur’an dalam unggahannya di Twitter. Ujungnya, Annisa diserang kritik oleh netizen di media sosial. Lantas, apa yang menyebabkan Annisa diserang kritik padahal hanya melakukan satu kesalahan?

Pengamat politik sekaligus Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno membeberkan beberapa faktor penyebab Annisa diserang kritik. Adi menyebut hal itu tidak terlepas dari ‘status’ Annisa yang menjadi istri dari Ketua Umum Partai Demokrat AHY.

“Pertama, ini karena Annisa Pohan istri AHY. Ketum PD yang selama ini para kadernya kritis ke pemerintah. Belakangan PD sangat ‘galak’ terhadap berbagai kebijakan negara. Sementara PKS yang biasanya galak malah lebih landai dan kalem,” kata Adi, Senin (26/7/2021).

Penyebab kedua, lanjut Adi, Annisa kerap menanggapi isu-isu politik kebangsaan, belakangan ini. Menurut dia, hal itu juga membuat Annisa banjir kritik dari netizen di media sosial.

“Bahkan dalam banyak postingan, Annisa sering nyindir bahkan mengkritik secara terbuka berbagai persoalan politik kebangsaan yang terjadi di negara ini. Efeknya, satu kesalahan Annisa berujung bully-an tak berkesudahan,” sambung dia.

Adi mengatakan salah ketik di media sosial adalah sesuatu yang wajar. Bahkan, pejabat dan elite politik juga pernah salah ketik di media sosial. Akan tetapi, kata dia, kesalahan kecil Annisa menjadi sorotan netizen lantaran dua faktor penyebab tersebut.

“Karena faktor tadi, Annisa aktif komentar isu politik kebangsaan plus posisinya sebagai istri Ketum partai oposan. Karenanya, sekecil apa pun kesalahan Annisa pasti berujung serangan tak berkesudahan. Variabel itu sangat dominan. Jadinya, sekecil apa pun yang dilakukan Annisa, serangan baliknya tak terbendung,” terangnya.

Melihat Kesalahan Annisa Pohan dan Pembelaan PD

Sebelumnya, Annisa Pohan salah kutip ayat Al-Qur’an dalam unggahannya di Twitter. Annisa mengutip potongan ayat Surat Al Baqarah yang berisikan tentang fitnah.

“’Dan fitnah lebih sadis daripada pembunuhan.’ (QS. Al-Baqarah [2]: 291),” tulis Annisa.

Unggahan itu lantas membuat Annisa banjir kritikan dari netizen. Netizen mengingatkan jumlah ayat Surat Al Baqarah yang hanya 286 ayat.

“Mbak Annisa, jumlah ayat pada surat Al Baqarah itu cuma 286 ayat mbak. Gak nyampek 291,” kata seorang netizen.

“Ceritanya mau jadi udtazah tapi salah kutip ayat Surat Al Baqarah. Belajar yang benar dulu neg entar malah jadi fitnah buat sendiri,” respons netizen lainnya.

Menanggapi banjir kritikan terhadap Annisa Pohan, Partai Demokrat (PD) melontarkan pembelaan. PD mengatakan salah ketik di media sosial adalah sesuatu yang wajar.

“Saya kira terjadinya penulisan typo di dunia medsos sudah biasa, tinggal diluruskan saja selesai. Pesannya kan jelas terkait dengan fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan. Dan, maksud mbak Annisa memang menulis 191 kemudian typo menjadi 291,” kata Kepala Badan Pembinaan Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi DPP PD Herman Khaeron, Senin (26/7/2021).

Herman menyebutkan bahwa manusia pasti memiliki kesalahan, bukan makhluk yang sempurna. Oleh karenanya, tindakan yang bijak untuk menanggapi kesalahan Annisa adalah meluruskannya.

“Diluruskan saja, manusia kan bukan makhluk sempurna,” sambung politikus PD itu.

Herman kemudian menyerang balik netizen yang mengkritik istri AHY itu. Dia menyebut bisa saja netizen yang mengkritik AHY adalah buzzer yang acap kali berpandangan negatif.

“Kalau netizen pola komunikasinya bagus dan jelas jati dirinya. Boleh jadi yang mempermasalahkannya tiada henti adalah buzzer-buzzer yang memang selalu berpandangan negatif berhadapan mbak Annisa,” tegas Herman.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top