News

Sayonara! SPBU Total Resmi Tutup Di RI

Sayonara! SPBU Total Resmi Tutup Di RI

PT Total Oil Indonesia memutuskan untuk menutup seluruh gerai SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) di Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Magda Naibaho, Marketing Manager Total Oil Indonesia. Magda menuturkan, penutupan SPBU Total telah dilakukan sejak akhir tahun 2020, dengan tanggal penutupan masing-masing SPBU berbeda-beda.

“Kami sudah tak menjalankan SPBU. Dari akhir tahun lalu (penutupan SPBU), tanggal pastinya berbeda-beda,” terangnya seperti dilansir dari situs CNCB Indonesia, Kamis (6/5/2021).

Ia menerangkan, penutupan SPBU di Indonesia selaras dengan strategi Total secara global, dalam hal manajemen portofolio secara aktif.

Lihat Juga: Pertamina Pertamax, Shell dan Total Kompak Turun Harga BBM, Bagaimana dengan Pertalite?

“Keputusan ini sejalan dengan strategi total secara global dalam hal manajemen portofolio kami secara aktif,” tuturnya.

Jumlah SPBU Total di Indonesia sendiri sebanyak 18 , di mana sebagian besarnya berada di wilaya Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

“PT Total Oil Indonesia memutuskan untuk melepas bisnis retail fuel kami di Indonesia. Ini artinya semua 18 SPBU yang sebagian besar berada di Jabotabek,” kata Magda.

Perusahaan ini adalah unit bisnis perusahaan energy yang berasal dari Prancis yang bergerak di bidang gas bumi dan hilir minyak, termasuk juga bisnis pelumas otomotif di Indonesia. Perusahaan ini telah beroperasi secara komersial di RI sejak 2003 lalu. Sedangkan pada bidang hulu migas, perusahaan ini telah beroperasi di RI sejak 1968 melalui Total E&P Indonesie.

Lihat Juga: Bagaimana Mengetahui SPBU Yang Melakukan Kecurangan ? Yuk Intip..

Sebelumnya perusahaan ini juga mengelola Blok Mahakam yang merupakan salah satu blok gas terbesar di Tanah Air. Namun, mulai 1 Januai 2018, Blok Mahakam sudah diambil alih oleh PT Pertamina (Persero).

Walau SPBU Total di Indonesia seluruhnya sudah ditutup, bukan berarti perusahaan ini akan angkat kaki dari RI. Mereka masih akan beroperasi di Indonesia dengan memasarkan produk lain, termasuk oli.

“PT Total Oil Indonesia telah hadir di Indonesia sejak 2003 dan kami tetap berkomitmen untuk selalu menyediakan produk dan layanan terbaik di Indonesia. Termasuk pelumas dan produk specialty lainnya,” tegasnya.

Magda juga menjelaskan selama ini SPBU Total beroperasi menggunakan sistem manajemen company own, dealer corporate (CODO).

To Top