News

SBY Bicara Keserakahan dan Tatanan Hidup Berubah di Perayaan Imlek

SBY Bicara Keserakahan dan Tatanan Hidup Berubah di Perayaan Imlek

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan sambutan dan pesan-pesan dalam acara perayaan Hari Raya Imlek 2572 Kongzili secara virtual yang disiarkan di YouTube MATAKIN Pusat. SBY menyinggung soal keserakahan, bencana alam dan bencana kesehatan hingga tatanan hidup yang berubah.

Mulanya, mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu mengucapkan selamat tahun baru Imlek dan mendoakan kebaikan.

“Pada hari yang membahagiakan ini, saya mengucapkan selamat tahun baru Imlek, semoga tahun baru Imlek 2572 ini membawa kedamaian, keselamatan dan kesejahteraan bagi segenap umat Konghucu dan juga bagi seluruh rakyat Indonesia,” ucap SBY, Minggu (14/2/2021).

SBY kemudian berbicara soal pandemi Covid-19 yang menghantam berbagai tatanan kehidupan, termasuk tatanan ekonomi. Dia mengajak semua pihak untuk melakukan perenungan atas apa saja yang kita perbuat di dunia ini.

“Ketika dunia dan negara kita tengah menghadapi pandemi dan krisis ekonomi yang besar saat ini, sepatutnya kita semua melakukan kontemplasi atas apa yang kita lakukan sebagai manusia. Barangkali karena kesalahan dan keserakahan kita dalam menjaga dan menggunakan sumber-sumber kehidupan selama ini membuat ekosistem dan tatanan kehidupan berubah. Akibatnya kita menghadapi bencana alam, bencana kesehatan dan bencana kehidupan secara bersamaan,” ungkapnya.

SBY pun mengajak semua pihak untuk bertobat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Presiden RI ke-6 itu mengimbau untuk bersungguh-sungguh menjaga Bumi ini dengan segala yang terkandungnya.

“Sebelum terlambat, kita mesti bertobat dan memohon maaf kepada Sang Pencipta. Tidak mengulangi kesalahan dan ke depan sungguh merawat dan melestarikan Bumi kita dan sumber-sumber kehidupan yang dikandungnya,” sambungnya.

Ma’ruf Amin Ajak Patuhi Prokes

Di samping itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin turut menyampaikan sambutan dan pesan-pesan dalam acara perayaan Hari Raya Imlek 2572 Kongzili secara virtual yang disiarkan di YouTube MATAKIN Pusat. Ma’ruf Amin mengajak mengajak umat Konghucu dan seluruh masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Dalam situasi seperti ini saya mendorong peran para pemuka agama termasuk khususnya dari MATAKIN untuk terus mendukung upaya bersama kita menjaga umat Konghucu secara khusus dan masyarakat luas agar tetap menjaga kesehatan dan mematuhi pelaksanaan protokol kesehatan,” ucap Ma’ruf, Minggu (14/2/2021).

Ma’ruf juga mengajak umat Konghucu ikut andil dalam memulihkan perekonomian negara akibat hantaman pandemi Covid-19. Mengingat, kata dia, mayoritas umat Konghucu adalah pelaku usaha.

“Saya juga berharap MATAKIN yang sebagian besar warganya merupakan pelaku usaha dapat mendukung upaya pemerintah dalam memulihkan perekonomian nasional akibat pandemi Covid-19 ini. Saya berharap dukungan MATAKIN dan seluruh umat Konghucu akan memberikan dampak yang berarti bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19,” tambahnya.

Anies Bicara Soal Optimisme

Adapun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang juga menyampaikan sambutan dan pesan-pesan dalam acara perayaan Hari Raya Imlek 2572 Kongzili secara virtual yang disiarkan di YouTube MATAKIN Pusat, mengajak masyarakat untuk bersikap optimis. Anies mengutip pepatah kuno Tiongkok.

“Ada pepatah kuno Tiongkok yang menyatakan orang optimis melihat kesempatan dalam setiap kesulitan, sementara yang pesimis melihat kesulitan walau di depannya ada kesempatan,” ucap Anies, Minggu (14/2/2021).

Anies lantas mengajak masyarakat untuk melihat ‘kesempatan’ di balik pandemi Covid-19 ini. Dengan harapan, kesempatan itu dapat mengantarkan Indonesia mampu melewati masa yang penuh ujian ini.

“Senada dengan pepatah itu, saya ingin mengajak kepada kita semua. Marilah kita melihat momen pandemi ini sebagai momen kesulitan untuk mencari kesempatan. Untuk mencari peluang agar kita bisa kembali kuat, kembali bangkit dalam suasana persatuaan dan persaudaraan. Saling memupuk optimisme. Harapannya bisa membuat kita lebih cepat melewati masa penuh ujian ini,” paparnya.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top