News

SBY Didiagnosis Idap Kanker Prostat

SBY Didiagnosis Idap Kanker Prostat

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan perawatan setelah didiagnosis mengidap kanker prostat.

“Adalah betul Bapak SBY segera melakukan medical check-up dan perawatan di luar negeri. Sesuai diagnosa Tim Dokter, Bapak SBY mengidap kanker prostat,” ujar Ossy Dermawan, Staf Pribadi Susilo Bambang Yudhoyono, dalam keterangannya, Selasa (2/11/2021).

Ossy mengatakan sebelumnya dirinya mendapat banyak pertanyaan soal isu kesehatan SBY. Berdasarkan pemeriksaan mantan Presiden RI 2 periode itu didiagnosis kanker prostat.

“Dari hasil pemeriksaan baik lewat MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET), Specific Membrane Antigen (SMA) Scan serta pemeriksaan lainnya, kanker prostat yang diidap Bapak Susilo Bambang Yudhoyono masih berada di tahap (stadium) awal,” terang Ossy.

Lihat Juga: Pare, Si Pahit Pembunuh Utama Sel Kanker

Tim Dokter mengatakan banyak opsi terbuka untuk kesembuhan mantan Presiden RI itu.

“Seperti dengan keadaan kesehatan Bapak SBY sekarang ini, Tim Dokter menyimpulkan seluruh opsi terbuka untuk melakukan pengobatan serta penyembuhan Pak SBY. Usai dilakukan konsultasi yang mendalam bersama Tim Dokter Indonesia, termasuk urolog senior. Diputuskan medical treatment dilakukan di salah satu rumah sakit di luar negeri yang mempunyai pengalaman panjang serta teknologi maju untuk menangani kanker prostat. Komunikasi yang dilakukan Tim Dokter Indonesia dengan Tim Dokter negara sahabat itu berlangsung dengan baik. Pihak luar negeri juga setuju serta bersedia untuk menangani Bapak SBY. Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung bersama Bapak SBY (melalui telemedicine), usai mempelajari seluruh data kesehatan Bapak SBY, mengatakan optimis untuk dapat menangani penyakit yang diidap Bapak SBY,” kata Ossy.

SBY Telpon Jokowi Terkait Rencana Berobat Di Luar Negeri

Setelah didiagnosis kanker prostat, Susilo Bambang Yudhoyono telah menelpon Presiden Joko Widodo terkait rencana pengobatan di luar negeri.

“Sesuai etika dan tata krama yang dipegang Bapak SBY, beliau telah menelpon Bapak Presiden Jokowi untuk melaporkan rencana pengobatan ke luar negeri,” tutur Ossy Dermawan, Selasa (2/11/2021).

Ia menuturkan Presiden Jokowi merespons baik dan menyampaikan pengobatan Susilo Bambang Yudhoyono di luar negeri akan didampingi oleh Dokter Kepresidenan.

“Presiden Jokowi memberi respons baik dan mengatakan kalau satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan bakal mendampingi dalam pengobatan itu,” imbuhnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top