News

Sempat Unggah Foto Hoax Tol Cisumdawu, Begini Penjelasan Menteri Tjahjo Kumolo

Sempat Unggah Foto Hoax Tol Cisumdawu, Begini Penjelasan Menteri Tjahjo Kumolo

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo memberikan penjelasan terkait peristiwa salah posting foto hoax ‘Jalan Tol Cisumdawu’ yang sempat ia lakukan beberapa waktu lalu. Tjahjo mengatakan foto yang sudah diberi label Kominfo sebagai disinformasi itu diunggah oleh admin pribadinya.

“Saya tengah malam itu dikirimi itu (foto Jalan Tol Cisumdawu), mungkin admin langsung mengirim dengan gambar (ke Twitter), itu kan foto (jalan tol) bagus,” ujar Tjahjo setelah mengisi seminar di Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (12/9/2021).

Tjahjo Kumolo mengira jalan tol pada foto tersebut adalah Tol CIsumdawu yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa. Karena foto itu tampak mirip dengan jalan tol yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Politikus asal PDIP itu pun mengakui dirinya lalai karena tidak mengecek dahulu kebenaranya foto itu.

“(Mengunggah karena foto bagus) betul, sebab saya habis dari Semarang dengan mobil, melewati itu ya mirip-mirip,” tuturnya.

Lihat Juga: Polda Metro Ajak Masyarakat tidak ikut Sebarkan Hoaks

Walaupun yang mengunggah foto hoax tersebut adalah adminya, Tjahjo merasa tetap bertanggung jawab dan meminta maaf atas kejadian tersebut.

“Sebab saya kan setelah perjalanan dari Jakarta ke Semarang melewati jalan tol, pikiran kit aitu tol itu (Cisumdawu). Yang unggah admin saya, tetapi saya tetap salah. Admin tanggung jawab saya, saya telah meminta maaf dan saya hapus,” kata Menteri Thahjo.

Postingan yang telah dihapus itu, Tjahjo mengaku mendapatkannya dari seorang rekan.

“(Dapat foto) dari teman,” lanjutnya.

Tjahjo Kumolo Minta Maaf

Sebelumnya, Tjahjo telah meminta maaf karena sempat mengunggah foto hoax ‘Jalan Tol Cisumdawu’.

“Mohon maaf unggahan jalan Tol di Jawa Barat ternyata salah bukan di Jawa Barat (saya mendapat informasi salah) terima kasih perhatiannya – tjahjokumolo,” tulisnya di akun Twitter pribadinya, Minggu (10/10/2021).

Unggahan yang Tjahjo Kumolo maksud yaitu jalan tol yang diklaim sebagai Tol Cisumdawu. Dalam unggahan yang kini sudah dihapusnya itu, tertulis informasi:

Jalan tol terkeren di Indonesia, CISUMDAWU (CILEUNYI – SUMEDANG – DAWUAN), yang membelah gunung dan masuk gunung, memungkinkan Bandung -Tegal ditempuh hanya dalam dua jam, Bandung-Semarang hanya 3,5 jam.

Kini Kominfo telah melabeli foto tersebut sebagai disinformasi.

“Akun Bernama Emak-emak Cyber Army mengunggah sebuah foto bernarasi ‘Penampakan tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan, 60 KM, yang memotong dan menerobos bukit’. Sebelumnya foto itu diklaim sebagai jalanan yang berada di India,” tulis Kominfo di situs resminya.

Dijelaskan foto tersebut sebenarnya bukan di Indonesia, tetapi di Turki.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top