News

Sengketa Lahan Rocky Gerung Dengan PT Sentul City Merembet Ke Politik, Begini Kata Pemerintah

Sengketa Lahan Rocky Gerung Dengan PT Sentul City Merembet Hingga Ke Politik

Polemik lahan antara Rocky Gerung dengan PT Sentul City merembet hingga ke politik. Bukan itu saja, polemik ini bahkan disebut-sebut sebagai upaya pembungkaman. Hal tersebut diungkapkan oleh Politikus Partai Demokrat Andi Arief. Ia membela Rocky dan meminta pemerintah untuk melakukan pengusutan terkait kepemilikan lahan Sentul City.

“Sombong sekali PT Sentul City. Pemerintah tolong diperiksa asal-usul penguasaan lahan yang mereka miliki,” ujar Andi Arief dalam cuitannya yang dibagikan kepada awak media, Jumat (10/9/2021).

Ia menduga ada motif politik di balik perintah Sentul City untuk membongkar bangunan di Desa Bojong Koneng. Andi menilai, Rocky hendak dibungkam.

“Motif politik pasti ada di balik perkara ini ditambah keserakahan. Sikap kritis Rocky ingin diberedel. Sudah layak melawan ini dengan aksi besar,” tambahnya.

Pembelaan Untuk Rocky Gerung

Dahnil Anzar Simanjuntak dari Partai Gerindra dan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera juga turut menyoroti polemik lahan ini. Dahnil dan Mardani sama-sama berpihak ke Rocky. Dahnil mengaku saat ini memiliki sikap politik yang berbeda dengan Rocky. Namun ia mendakan agar sengketa tanah Rocky Gerung dengan PT Sentul City secepatnya terselesaikan.

“Saya beda sikap politik dengan Rocky saat ini, tetapi berdoa yang terbaik supaya sengketa yang tengah beliau hapadi ini dapat segera selesai. Bukan malah mengolok-olok sambil bergembira di atas kesulitan orang lain,” ucap Dahnil melalui akun Twitternya, Jumat (10/9/2021).

Lihat Juga: Kasus Lahan Rocky Gerung Merembet ke Politik, Apa Kaitannya?

Terkait sikapnya kepada pihak yang berbeda sikap politik, Dahnil mengaku belajar dari Prabowo Subianto, yang tak lain adalah Ketua Umum Gerindra.

“Dalam sejarah orangtua Pak @prabowo jelas beda sikap politik dengan Bung Karno, bahkan berseberangan. Tapi, tetap saling membantu dan mendukung secara pribadi. Tak ada itu, sikap gembira melihat kesusahan orang lain,” tutur Dahil.

Secara terpisah, Mardani mempertanyaan polemik lahan antara Rocky Gerung dengan PT Sentul City. Dalam perkara ini, Mardani  berada di pihak Rocky.

Ada  apa ini ya? Lahannya kecil dan curam. Menurut belia, ditanami beberapa tahun jadi tamannya idah dana asri” kata Mardani.

“Tetap semangat Bung Rocky dan akal sehat selalu,” lanjutnya.

Tanggapan Pemerintah

Staf Khusus Mensesneg Faldo Maldini menyebut kuasa hukum Rocky telah berkomunikasi dengan BPN/ATR. BPN juga telah menegaskan terkait penguasaan fisik merupakan penentu utama.

“Kita tengah memantau terus kelanjutannya,” ujar Faldo Maldini kepada pers, Jumat (10/9/2021).

Faldo merasa lucu dengan komentar Andi Aried yang mengaitkan masalah tersebut dengan pembungkaman politik. Ia menyebut masalah ini murni soal sengketa dan diselesaikan secara hukum.

“Menurut saya, Banf Andi lucu interpretasinya dan out of the box. Ada sengketa antara masyarakat dengan perusahaan, ya apa kaitannya dengan membungkam kritik. Ini harus diselesaikan di pengadilan atau jalur hukum lain, supaya keadilan tercapai,” tuturnya.

“Namun, kami mengucapkan terima kasih untuk Bang AA yang terus memberikan pandangan. Kritik akan dijawab dengan penyelesaian tanggung jawab, pesan Presiden Jokowi,” sambungnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top