News

Sengketa Laut China Selatan, Kapal Selam Jepang Muncul Di Filipina

F16

Untuk pertamakalinya dalam 15 tahun sebuah Kapal Selam dengan Bendera Jepang muncul dipelabuhan Filipina untuk melakukan kerjasama militer. Kapal selam Jepang disaat Filipina terlibat ketegangan dengan China terkait dengan sengketa Laut China Selatan.

Kapal selam yang dikawal oleh dua kapal perusak Jepang da Teluk Subic tur ke Asia Tenggara. Kapal selam tersebut merupakan salah satu terbesar yang dimiliki Jepang.

Kapten Hiraoki Yoshino mengatakan (3/4), “Ini hanya latihan dan bertujuan untuk melatih personel”.

Munculnya Kapal Selam Jepang Ke Filipina hanya bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan antara Jepang dan Filipina. “Kamitidak mempunyai pesan apapun untuk negara lain”, ujar Hiraoki, seperti yang telah dilansir Reuters.

Laut Cina Selatan yang dapat menghasilkan sekitar USD 5 Triliun setiap tahunnya banyak yang mengklaim wilayah tersebut seperti China, Brunei, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Taiwan.

Jepang dan China juga memiliki sengketa pulau di Laut China Timur. Jepang telah meningkatkan kehadiran kapal perang dan pesawat untuk sekutu-sekutunya di Asia Tenggara, seperti Vietnam dan Filipina dalam konflik Laut China Selatan.

Penawaran Jepang kepada Filipina dalam membantu meningkatkan kemampuan dalam memantau Laut China Selatan, dengan menyewa tiga pesawat pengintai TC-90, yang MOU-nya dapat disepakati akhir bulan ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top