News

Sentilan Anies Untuk Pihak Yang Lebih Dulu Umumkan Soal Road Bike

Sentilan Anies Untuk Pihak Yang Lebih Dulu Umumkan Soal Road Bike

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta menyentil pihak yang telah mengumumkan aturan road bike diperbolehkan melintas di kawasan Sudirman-Thamrin padahal masih belum final. Wagub DKI Ahmad Riza Patria dengan tegas mengatakan bukan dirinya pihak pertama yang mengungkapnya ke publik.

“Saya tak pernah mengumumkan hasil rapat tersebut. Teman-teman hari itu bertanya soal hal tersebut dan ini telah beredan serta diumumkan sebelum saya. Saya hanyalah menyampaikan,” tutur Riza di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (3/6/2021).

Riza memaparkan pengaturan serta penyediaan lintasan road bike telah diumumkan sejak rapat pertama bersma Polda Metro Jaya, Pemprov DKI dan juga komunitas sepeda. Tepatnya, saat menetapkan uji coba jalur sepeda balap atau road bike di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang pada tanggal 23 Mei 2021 lalu.

“Tanggal 22 sudah konferensi pers, meeting, press rilis tanggal 22 Mei. Uji coba tanggal 23,30, tanggal 31 rapat kembali, tanggal 3 Juni ini meeting lagi. Telah disampaikan hasil meeting ini sebelum sya. Silahkan cek di medsos, ada beritanya, ada video, jadi bukan saya yang umumkan pertama. Saya hanyalah menjawab apa yang teman media pertanyakan,” tuturnya menegaskan.

Kemudian, Riza menuturkan bahwa rapat diadakan lagi pada tanggal 31 Mei 2021. Hasilnya, Pemprov DKI Jakarta bersama instansi terkait sepakat menjadikan JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang jadi lintasan road bike tiap weekend.

Lihat Juga: Dibalik Janji Anies Baswedan ‘Tidak ada Banjir’, 2020 Jakarta Porak-Poranda

Selain itu, berdasarkan hasil rapat tersebut Pemprov DKI menyatakan bakal mengatur lintasan di Sudirman-Thamrin. Tujuannya agar dapat mengakomodir para pesepeda, baik road bike maupun non-road bike. Politiks asalah partai Gerindra itu mengaku dirinya hanya menyampaikan isi rapat yang telah ditembuskan kepadanya.

“Di antaranya hasil rapat, yang saya katakan yaitu, ini, hasil rapat, lintasan jalan layang non-tol Kokas-Tanah Abang dibuat lintasan permanen road bike tiap hari Sabtu dan Minggu. Jam 05.00 sampai 08.00.” ujarnya.

“Jadi tak ada yang salah di sini serta ini ditembuskan, hasilnya ditujukan pada Pak Gubernur. Ditujukan juga kepada Wakil Gubernur, Sekretaris Daerah, Asperkeu, ketua TGUPP,” lanjutnya.

Sentilan Dari Anies Baswedan Soal Lintasan Road Bike

Seperti yang telah diketahui, Pemprov DKI belum mengumumkan hasil final terkait kebijakan road bike yang diperbolehkan melintas di kawasan Sudirman-Thamrin. Anies Baswedan pun menyindir pihak yang lebih dulu mengungkap aturan tersebut, padahal masih belum rampung. Anies sendiri mengatakan sejauh ini masih membahas kebijakan mengenai road bike.

“Kita bahas dahulu, kemudian kita sampaikan sebab kebijakan tersebut dibuat aturannya baru diumumkan. Saya selalu tekankan, jangan jadi pengelola negara, pengelola pemerintah nih mengumumkan sebelum membuat peraturan,” kata Anies seperti dikuti detikcom, Jumat (4/6/2021).

Lihat Juga: Dinobatkan Pahlawan Transportasi, Anies Baswedan Justru Dikritik Pakar

Anies menuturkan pengumuman kebijakan yang belum rampung dapat merepotkan tim di lapangan.

“Nanti kasihan petugas di lapangan jadi kita jika ingin membuat peraturan siapkan dahulu dokumennya, siapkan dahulu aturannya. Barulah diumumkan, jika tidak nanti merepotkan di lapangan. Jadi kita mempersiapkan aturannya nanti diumumkan,” papar Anies.

To Top