News

Seorang Ustaz Jadi Tersangka Hoax Soal Babi Ngepet Di Depok

Ustaz Jadi Tersangka Hoax Babi Ngepet

Ustaz Adam Ibrahim dijadikan tersangka penyebaran berita bohong terkait babi ngepet di Sawangan, Depok. Ia mengarang cerita hingga menyiapkan seekor babi untuk memperkuat ceritanya itu.

“Pelaku merekayasa dengan membelo secara online seekor babi dari pecinta hewan dengan harga Rp 900.000. Kemudian ditambah biaya kirim Rp 200.000,” terang Kombes Imran Siregar, Kapolresta Depok saat jumpa pers di kantornya, Jalan Margonda Raya, Depok, Kamis (29/4/2021).

Adam Ibrahim bersama tujuh warga lainnya menyusun skenario hingga membagi peran supaya warga percaya soal babi ngepet.
“Lalu dimusyawarahkan oleh tim mereka kurang lebih 8 orang,” tuturnya.

Mereka membuat cerita seolah-olah melihat manusia yang tiba-tiba berubah jadi babi.
“Mereka membuat seolah-olah ada 3 orang, 1 orang turun tidak menapakkan kaki, 2 orang pergi dengan motor. Tiba-tiba 1,5 jam kemudian berubah menjadi babi. Padahal itu tidak betul,” terangnya.

Bukan hanya itu, Adam Ibrahim dan ketujuh orang lainnya juga menggambarkan babi ngepet tersebut mengenakan kalung dan ikat kepala berwarna merah.

“Itu semua bohong, tidak betul,” sambungnya.

Isu Babi Ngepet Sempat Menjadi Viral

Kabar adanya babi ngepet ini membuat heboh masyarakat, khususnya bagi warga Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Depok. Babi tersebut ditangkap warga karena dituduh melakukan pencurian uang warga.

Usai ditangkap, warga lalu menyembelih dan menguburkannya. Menyembelih dan menguburkannya pun masuk dalam skenario tersangka.

“Sudah itu sudah pula. Agar skenario ini nyambung, dari awal sampai akhir itu lah peran-perang orang tertentu telah diatur dan dikubur di lokasi tertentu dan telah dipindah,” terang Kombes Imran Siregar.

Lihat Juga: Viral, Kabar Wanita Cianjur Hamil Tanpa Hubungan Seks

Belakangan, polisi mengungkap isu babi jadi-jadian tersebut tidaklah benar. Berdasarkan hasil penyelidikan, membuktikan bahwa isu babi ngepet tersebut hanyalah karangan Adam Ibrahim.

Adam Ibrahim terpikir mengarang cerita tersebut setelah mendapat laporan adanya sejumlah orang di lingkungannya yang mengaku kehilangan uang. Untuk meredam keresahan warga soal kehilangan uang tersebut, ia kemudian membuat skenario soal babi ngepet.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top