News

Sepak Terjang Wamenkes Baru, Dante Saksono

Sepak Terjang Wamenkes Baru, Dante Saksono

Dante Saksono Harbuwono resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Rabu (23/12/2020). Dante akan mendampingi Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Untuk diketahui, selain Dante, Jokowi juga melantik empat wakil menteri lainnya, yakni Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri BUMN, Edward Komar Syarif sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM, Harfiq Hasnul Qobri sebagai Wakil Menteri Pertanian dan Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan.

Dante mengatakan ada dua tugas utama yang akan dijalankannya sebagai Wakil Menteri Kesehatan. Pertama, mempercepat penyerapan anggaran Kementerian Kesehatan.

“Di masa pandemi, serapan harus efektif, tepat guna dan maksimal. Anggaran adalah tulang punggung dalam mengatasi pandemi ini secara cepat,” terang Dante dalam siaran di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/12/2020).

Sementara itu, tugas utama Dante adalah merealisasikan vaksinasi Covid-19 hingga berjalan dengan baik. Diharapkan, dengan terselenggaranya vaksinasi Covid-19, herd immunity tercapai di tengah masyarakat Indonesia.

“Vaksinasi sangat penting terealisasi. Dengan melakukan vaksinasi yang secepatnya akan memperoleh herd immunity yang lebih baik,” lanjutnya.

Dante mengaku dua tugas utama tersebut tidak mungkin dilakukan oleh Kementerian Kesehatan saja. Oleh karena itu, Kementerian kesehatan akan menggaet sejumlah pihak untuk menjalankan dua tugas utamanya itu.

“Mudah-mudahan ini menjadi batu loncatan yang cepat,” harap pria berusia 47 tahun itu.

Lantas, siapa sebenarnya Dante Saksono Harbuwono yang dipercaya sebagai Wakil Menteri Kesehatan ini? Seperti apa sepak terjang dia?

Profil Dante Saksono

Dante Saksono Harbuwono lahir pada 23 Maret 1973 di Temanggung, Jawa Tengah. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) angkatan 1997.

8 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2005, Dante melanjutkan studi PhD di Universitas Yamanashi, Jepang. Ia menghabiskan waktu selama tiga tahun untuk mendapatkan gelar tersebut.

Kemudian, Dante melanjutkan studinya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia untuk menjadi konsultan endoktrin, metabolik dan diabetes.

Sepak Terjang Dante Saksono

Dante Saksono Harbuwono dikenal sebagai ahli diabtes molekuler pertama di Indonesia. Dalam perjalanan kariernya, ia tercatat pernah menjadi anggota Tim Dokter Kepresidenan Republik Indonesia, Ketua Divisi Metabolik Endoktrin, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI – Rumah Sakit Pusat Rujukan Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Dante juga tercatat pernah menjadi Ketua laster metabolic, vascular and aging research center Indonesian Medical Education and Research Institute FKUI (IMERI FKUI). Ia pun pernah menjadi Ketua Himpunan Studi Obesitas Indonesia (HISOBI).

Saat itu, Dante melakukan sejumlah riset mengenai tingkat obesitas di Indonesia yang ternyata terus mengalami kenaikan per tahunnya, Berdasarkan riset HISOBI, obesitas pada umumnya terjadi pada orang-orang yang berdomisili di kota-kota besar seperti Jakarta.

Wamenkes pilihan Jokowi ini juga diketahui pernah menjabat sebagai Komisaris di PT Pertamina Bina Medika IHC. Seperti diketahui, PT Pertaminan Bina Medika IHC adalah salah satu perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang jasa layanan kesehatan.

Adapun sepak terjang Dante di luar bidang kesehatan adalah menjadi Wakil Ketua Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI).

Penghargaan yang Diraih

Dante Saksono Harbuwono diketahui mendapatkan sejumlah penghargaan. Dua di antaranya datang dari Jepang, yakni Tajima Awards dari Epidemiologi Diabetes Jepang pada 2013 dan Takeda Scienc Foundation Aards dari Takeda Jepang pada 2013.

Demikian sepak terjang Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Kesehatan yang baru saja dilantik Presiden Jokowi.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top