News

Seragam Satpam Diubah Jadi Warna Krem, Apa Maknanya?

Seragam Satpam Diubah Jadi Warna Krem, Apa Maknanya?

Polri tengah memproses perubahan warna seragam Satuan Pengamanan (Satpam). Sebelumnya warna seragam Satpam adalah cokelat muda dan akan diubah jadi warna krem.

Perubahan tersebut dilakukan lantaran warna seragam Satpam sangat mirip dengan seragam polisi. Karena itulah, warna tersebut dapat membuat masyarakat bingung.

"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah jadi berwarna krem," ujar Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Rabu (12/1/2022).

"Argumentasinya, seragam saat ini terlalu mirip dengan seragam Polri. Jadi mengakibatkan kebingungan dan kesulitan masyarakat untuk membedakan Polisi dan Satpam," terangnya.

Lihat Juga: Budayakan Disiplin Mengurangi Timbulnya Masalah

Ia melanjutkan, Satpam adalah profesi baru yang mengemban fungsi kepolisian terbatas. Jadi perlu identitas tersendiri, berbeda dengan Polri sebagai pembinanya. Seragam baru itu rencananya akan dikenalkan bertepatan dengan hari ulang tahun Satpam.

"Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru, dan bakal diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun usai disahkan penggunaannya," pungkasnya.

Seperti diketahui, setiap tanggal 30 Desember diperingati sebagai Hari Satpam.

Peraturan Kapolri

Sebelumnya Kapolri Jenderal Idham Azis telah mengeluarkan aturan terkait pembentukan Pengamanan Swakarsa (Pam Swakarsa). Kapolri mengeluarkan Peraturan kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) No 4 Tahun 2020 mengenai Pengamanan Swakarsa.

Salah satu aturannya terkait seragam Satpam. Seragam Satpam berubah warna jadi cokelat mirip seragam Polri dengan gradasi 20% lebih muda.

Perubahan itu, selain untuk memberikan imej baru untuk korp Satpam, juga untuk membedakan dengan seragam Satkamling. Ketika itu, 5 Agustus 2021 seluruh Satpam di Indonesia yang telah memenuhi syarat sebagai Satpam, telah berganti seragam dengan warna cokelat.

Makna Warna Krem yang Akan Jadi Seragam Satpam

Melansir berbagai sumber, warna krem masuk dalam kategori warna netral. Warna ini cocok dipadukan dengan warna apapun. Karena itulah, warna netral tersebut bukan saja putih dan hitam saja.

Lihat Juga: Selain Netral, Ini Daftar Warna Baju Yang Wajib Dimiliki Untuk Tampil Sylish!

Warna krem juga mampu menenangkan, menghilangkan agresi dan rileks. Orang-orang yang menyukai warna krem biasanya memiliki sidat tulus dan menghargai kepraktisan. Dalam situasi apapun , bahkan dalam kondisi paling sulit, mereka berusaha untuk mempertahankan netralitas.

itulah makna warna krem yang akan diresmikan menjadi warna seragam Satpam yang baru.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top