News

Serentak, Demo 11 April Digelar di Berbagai Wilayah

Serentak, Demo 11 April Digelar di Berbagai Wilayah

Aksi demonstrasi mahasiswa dan beberapa kalangan digelar secara serentak pada hari ini, Senin (11/4/2022). Tercatat, sejumlah daerah seperti Bandung, Semarang, Makassar, Palu, Palembang, Samarinda hingga Manokwari ikut menggelar demo 11 April bersamaan dengan aksi di Jakarta.

Demo 11 April di Berbagai Daerah

Jakarta

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Jakarta. BEM SI menyebut mereka akan membawa empat tuntutan, salah satunya terkait dengan penolakan penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Palu

Selain di Jakarta, BEM SI juga mengadakan aksi di kantor DPRD Sulawesi Tengah. Dalam aksi itu, sekitar 300 mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Palu diperkirakan hadir.

Lihat Juga: Tolak Jokowi 3 Periode, Mahasiswa di Daerah Mulai Bergerak Menjelang Aksi 11 April

Bandung

Di Bandung, aksi demo 11 April dilakukan oleh Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (KM ITB). Mereka akan membawa lima tuntutan dalam aksinya. Kelima tuntutan tersebut umumnya terkait dengan penolakan usulan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Semarang

Berikutnya di Jawa Tengah, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Universitas Diponegoro dan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, melakukan aksinya. Rencananya demo akan digelar di depan kantor Gubernur Jawa Tengah dan Mapolda Jawa Tengah.

Palembang

Di Sumatera Selatan, sejumlah mahasiswa menggelar aksinya di gedung DPRD Sumatera Selatan. Secara umum, aksi demo 11 April di Palembang itu dilakukan sebagai penolakan terhadap penundaan Pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Samarinda

Ribuan mahasiswa dari Aliansi Masyarakat Kaltim Menggugat (Mahakam) juga menggelar demo. Aksi dilakukan di kantor DPRD Kaltim. Selain menolak penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden, mereka juga menyuarakan soal kenaikan BBM hingga PPN.

Makassar

Selanjutnya di Makassar, Sulawesi Selatan, mahasiswa berencana akan menggelar demo 11 April di 19 titik, di mana kantor DPRD Sulsel menjadi titik utamanya. Aksi tersebut adalah lanjutan dari aksi sebelumnya. Pada unjuk rasa sebelumnya, mahasiswa menolak usulan masa jabatan presiden tiga periode.

Maluku

Mahasiswa dari Universitas Pattimura Ambon juga akan melakukan unjuk rasa penolakan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden. Aksi tersebut akan digelar di Pertamina Wayame dan Jembatan Merah Putih (JMP). Aksi disebut akan diikuti oleh sekitar 300 orang.

Lihat Juga: Sikap Jokowi Belum Tegas, Demo BEM SI Tetap Digelar 11 April

Manokwari

Di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, aksi demo 11 April juga akan digelar. Polres Manokwari menyebut oraganisasi masyarakat (ormas) Pilar Pemuda Rakyat (PIDAR) bakal menggelar unjuk rasa. Demo tersebut bakal digelar di depan Universitas Papua (UNIPA).

Itulah beberapa daerah yang disebut akan menggelar aksi serentak 11 April.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top