News

Shinzo Abe Meninggal Dunia Setelah Ditembak hingga Peluru Menembus Jantung

Shinzo Abe Meninggal Dunia

Rumah Sakit Nara Medical University mengabarkan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meninggal dunia setelah kritis karena ditembak pada Jumat (8/7/2022).

Kepala rumah sakit tersebut menyatakan Abe meninggal dunia dalam usia 67 tahun pukul 17.03 waktu setempat setelah sempat mendapatkan penanganan darurat. Dokter yang menangani Abe menuturkan, peluru tersebut “cukup dalam hingga mencapai jantungnya.”

Shinzo Abe meninggal dunia pasca ditembak tiga kali pada bagian dada dan leher dari arah belakang. Ia juga sempat dilaporkan mengalami pendarahan sangat parah.

Dokter menyampaikan, setelah melakukan berbagai upaya termasuk operasi terbuka, mereka tetap tidak bisa menghentikan pendarahan hingga akhirnya Shinzo Abe meninggal dunia. Menurut keterangan dokter, jarak antara satu luka dengan yang lain yaitu sekitar lima sentimeter.

Lihat Juga: Tetsuya Yamagami, Penembak Eks PM Jepang Shinzo Abe Adalah Mantan Anggota Angkatan Laut

Tetsuya Yamagami, seorang eks anggota Angkatan Laut Jepang, menjadi pelaku penembakan ketika Abe tengah berpidato di depan stasiun Kota Nara.

Polisi mengatakan Tetsuya memang mengaku ingin membunuh Abe. Alasannya, karena ia tidak suka dengan PM terlama di Jepang itu. Kini, Tetsuya masih dalam tahanan kepolisian.

Shinzo Abe Meninggal Setelah Mendapat Perawatan Khusus

Sebelum dinyatakan meninggal dunia, Abe sempat menerima transfusi darah usai kejadian mengenaskan itu. Menteri Pertahanan Jepang, Nobuo Kishi, juga menyampaikan bahwa Shinzo Abe sempat mendapatkan perawatan khusus di RS Nara Medical University.

Menteri Pertahanan yang juga adik Abe itu menyebut bahwa penembakan saat sang kakak tengah berpidato tersebut adalah “penghinaan terhadap demokrasi” dan melanggar “kebebasan berpendapat.”

Istri Abe, Aki Abe, juga langsung ke rumah sakit tempat suaminya dirawat.

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, menegaskan bahwa serangan tersebut tidak bisa dimaafkan.

Fumio Kishida juga menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya eks PM Jepang itu. Ia mengaku tidak bisa berkata-kata.

“Saya berdoa nyawanya bisa diselamatkan, tapi ternyata, saya mengetahui ini (Shinzo Abe meninggal). Sangat disesalkan. Saya tak dapat berkata-kata,” kata Kishida.

Lihat Juga: Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak Saat Berpidato, Pelaku Langsung Diringkus

“Saya menyampaikan belasungkawa tulus dan doa agar jiwanya beristirahat dengan tenang,” sambungnya.

Kishida mengalirkan doa tersebut tidak lama setelah pihak RS Nara Medical University mengumumkan Shinzo Abe meninggal dunia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top