News

Siap-siap Prakerja Gelombang Ke-12 Segera Dibuka!

Siap-siap Prakerja Gelombang Ke-12 Segera Dibuka!

Sebenarnya masih belum diketahui pasti kapan Prakerja gelombang ke-12 resmi dibuka, tapi ada tanda-tanda program ini segera digulirkan. Buktinya, anda sudah dapat membuat akun Prakerja di laman prakerja.go.id.

Informasi ini dituturkan oleh manajemen pengelola di akun Instagram resminya seperti dilansir pada Senin (22/2/2021). Jika sudah memiliki akun prakerja, anda tinggal mengikuti seleksinya saja jika prakerja gelombang 12 dibuka.

Nantinya, peserta akan mendapat insentif setelah menyelesaikan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan. Insentif tersebut diberikan secara non tunai melalui dompet elektronik atau rekening bank peserta. Khusus untuk e-wallet atau dompet digital, pemerintah bekerja sama dengan OVO, Dana, LinkAja, dan Gopay.

Email Bermasalah Saat Mendaftar Prakerja

Sejumlah peserta Kartu Prakerja melaporkan adanya kesulitan saat proses pembuatan akun, yaitu email atau nomor telepon mereka yang disebut ‘salah’ oleh server. Keluhan ini banyak disampaikan di media sosial maupun komentar-komentar artikel mengenai Prakerja gelombang ke-12 di internet.

Menanggapi hal tersebut, Louisa Tuhatu selaku Head of Communication Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan server Prakerja tidak bermasalah.

“Sebenarnya tak ada masalah dengan server karena semua telah disiapkan. Tapi semua terkait teknologi kan butuh persistensi,” terang Louisa dilansir dari Kompas.com, Senin (22/2/2021).

Louisa menyampaikan, bagi peminat yang menemui kendala seperti itu bisa mencoba memasukkan nomor telepon atau email beberapa kali sampai berhasil.

“Tak ada masalah, harus sabar aja,” kata Louisa.

Meski begitu, ia meminta agar data email dan nomor telepon yang dicantumkan sudah dipastikan kebenarannya dan masih aktif.

Fungsi Email Dan Nomor Telepon

Email dan nomor telepon yang didaftarkan saat membuat akun Prakerja berfungsi untuk menerima kode OTP. Mengutip dari situs FAQ Prakerja, kode OTP atau Verifikasi tersebut merupakan password dinamis yang berisi 4 hingga 6 digit angka unik yang bersifat rahasia.

Kode tersebut akan dikirimkan ke alamat email atau SMS ke nomor telepon yang sebelumnya didaftarkan pada akun Kartu Prakerja. Kode OTP berfungsi sebagai validasi sekaligus untuk mencegah penyalahgunaan akun. Selain itu, kode tersebut akan berlaku lima menit saja setelah dikirimkan.

Karena itulah, peserta Prakerja harus memastikan data nomor telepon dan email yang didaftarkan sudah benar dan masih aktif digunakan. Jika nomor telepon atau email yang didaftarkan masih aktif tapi tidak menerima kode OTP anda bisa melaporkannya kepada Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja ke [email protected]

Lihat Juga: Datangi KPK Tindaklanjuti Pengaduan Kartu Prakerja

Walaupun program Prakerja gelombang ke-12 belum dibuka, namun pihak Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja akan mengumumkannya secara resmi ketika gelombang seleksi dibuka.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top