News

Siapa Heru Hidayat? Tersangka Korupsi ASABRI yang Lolos dari Tuntutan Hukuman Mati

Siapa Heru Hidayat? Tersangka Korupsi ASABRI yang Lolos dari Tuntutan Hukuman Mati

Siapa Heru Hidayat? Namanya kembali jadi perhatian setelah lolos dari tuntutan hukuman mati dalam kasus korupsi ASABRI. Perlu diketahui, Heru Hidayat sebelumnya telah dijadikan tersangka korupsi yang merugikan negara hingga puluhan triliun rupiah.

Sebelumnya, jaksa menuntut Heru dengan hukuman mati. Namun kemudian hakim memutuskan vinis nihil terhadap Heru. Pasalnya, sebelumnya Heru telah divonis seumur hidup dalam kasus Jiwasraya dan putusan tersebut telah berkekuatan hukum tetap alias inkrah.

Lantas siapakah sosok Heru Hidayat dan bagaimana ia bisa lolos dari hukuman mati? simak informasinya berikut ini.

Komisaris PT Trada Alam Minera

Heru Hidayat adalah Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera (TRAM). Ia dinyatakan bersalah setelah terbukti terlibat kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya dan PT ASABRI dengan total kerugian puluhan triliun.

Lihat Juga: Kasus Korupsi ASABRI, Heru Hidayat Dituntut Hukuman Mati

Heru Hidayat Divonis Seumur Hidup dalam Perkara Jiwasraya

Bersama Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro, Heru divonis seumur hidup. Putusan hakim terkait hukuman seumur hidup terhadap Heru telah inkrah. Tidak hanya penjara, keduanya juga harus membayar uang pengganti senilai lebih dari Rp 16 triliun.

Dituntut Hukuman Mati

Pada Desember 2021, Heru dituntuk hukuman mati oleh Jaksa. Jaksa meyakini Heru bersalah melakukan korupsi bersama eks Dirut ASABRI Adam Damiri dan Sonny Widjaja dkk hingga mengakibatkan keruguan negara Rp 22,7 triliun. Heru Hidayat juga diyakini jaksa telah melakukan tindak pidana pencucian uang alias TPPU.

Lihat Juga: Perampok Jiwasraya Sebenarnya Sudah Ketahuan, Tapi Semua Pembicara Menghindar

Kala itu jaksa menybut perbuatan Heru sebagai extraordinary crime. Jaksa menyebut tindakan korupsi yang dilakukan sangat membahayakan integritas dan martabat negara.

Lolos Hukuman Mati di Kasus Korupsi ASABRI

Vonis hakim terhadap Heru berbeda dengan tuntutan jaksa. Ia lolos dari hukuman mati yang sebelumnya dituntut jaksa.

Lihat Juga: Kasus Jiwasraya, Benny Tjokro CS Rugikan Negara Rp.16,8 Triliun

Hakim memberikan vonis nihil terhadap Heru Hidayat. Hakim menjelaskan vonis nihil dalam kasus ASABRI tersebut lantara Heru telah mendapat hukuman seumur hidup dalam kasus Jiwasraya.

"Terdakwa telah dijatuhi hukuman seumur hidup dalam perkara tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya berdasarkan keputusan PN Jakarta Pusat, Pengadilan Tinggi Jakarta dan Mahkamah Agung yang telah berkekuatan hukum tetap. Terdakwa telah menjalani sebagian atau baru dalam tipikor Jiwasraya yang sudah berkekuatan hukum tetap tersebut," ujar hakim Ali Muhtarom dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (18/1/2022).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top