News

Siapa Kandidat Pengganti Anies Sebagai Gubernur DKI Terbaik?

Siapa Kandidat Pengganti Anies Sebagai Gubernur DKI Terbaik?

Belakangan ini, muncul banyak nama kandidat calon Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan dari berbagai partai. Salah satunya, sebut saja Partai NasDem. Mantan model yang juga kader NasDem Okky Asokawati disebut sangat cocok menjadi pengganti Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Kita punya Okky Asokawati, kader perempuan. Kemudian juga kita punya Wibi Andrino, anak muda, ketua fraksi. Kita punya Sahroni,” ungkap politikus NasDem Bestari Barus, Jumat (7/11/2022).

Bestari menuturkan NasDem akan menjadi yang terdepan mengusung calon gubernur di Pilgub DKI mendatang. Dia menambahkan partainya akan menjadi yang pertama mengumumkan cagub yang akan berkontestasi di Pilgub DKI.

“Biasanya NasDem akan paling cepat. Kalau partai lain baru berwacana. NasDem, saya meyakini akan lebih cepat daripada yang lainnya, mendorong nama bakal calon gubernur,” terangnya.

Siapa Kandidat Pengganti Anies Terbaik dari PDIP?

Di sisi lain, PDIP berbicara soal peluang Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi pengganti Anies Baswedan. Adalah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto membeberkan pengalaman bagus Risma selama menjadi pemimpin kota Surabaya.

“Bu Risma dalam kepemimpinan selama dua periode di kota Surabaya mampu menunjukkan perubahan yang signifikan. Sehingga, masyarakat Surabaya kita lihat sekarang merawat lingkungan dengan baik, melakukan tata kota yang mencerminkan keindahan kota Surabaya,” kata Hasto, Jumat (7/1/2022).

Lebih lanjut, Hasto mengatakan Gibran masih harus membuktikan kinerjanya untuk warga Solo. Dia berharap Gibran mampu menunjukkan kinerja yang apik sebagaimana yang dilakukan oleh Risma selama menjadi Wali Kota Surabaya.

“Sementara Mas Gibran, beliau sudah terpilih sebagai Walkot Solo. Tentu saja harus membuktikan bagaimana kepemimpinan mas Gibran agar kepemimpinan yang ideologis yang mengedepankan juga kultur Nusantara serta mampu membawa perubahan secara sistemik sebagaimana telah dilakukan oleh bu Risma juga dapat dilakukan oleh mas Gibran,” tutur politikus PDIP itu.

Hasto menegaskan sejatinya ada banyak kader PDIP yang berpotensi menjadi calon gubernur DKI. Salah satunya Wali Kota Semarang saat ini bernama Hendar Prihadi.

“PDIP punya calon-calon pemimpin yang cukup banyak untuk bisa dicalonkan di DKI Jakarta. Tidak hanya dua nama, ada juga Anas dari Banyuwangi, Hendi dari kota Semarang, kemudian pak Kanang dari kabupaten Ngawi. Di Bali, kami punya pak Agus Mayastro yang berhasil memimpin di kabupaten Gianyar. Cukup banyak pemimpin-pemimpin yang berhasil di tingkat kabupaten/kota,” sambungnya.

Apakah Ahok Pengin Jadi Cagub DKI Lagi?

Untuk diketahui, nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok juga ramai diperbincangkan sebagai calon pengganti Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ahok yang merupakan kader PDIP ternyata memiliki rencana lain. Apa itu?

Adalah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan rencana Ahok. Yakni, ingin mengajarkan perihal kepemimpinan yang berani mengambil risiko kepada para kader PDIP.

“Ketika saya bertemu dengan pak Ahok, pak Ahok (bilang) ingin mengajar di seluruh pelosok Indonesia, mengajar anggota dan kader PDIP, bagaimana kepemimpinan yang berani menghadapi risiko, kepemimpinan yang membangun Jakarta dengan tegas, tanpa kompromi,” kata Hasto, Jumat (7/1/2022).

Menurut Hasto, Jakarta memang membutuhkan pemipin yang berani mengambil risiko. Hal ini harus dilakukan demi kepentingan rakyat.

“Memang itu karakter yang diperlukan untuk memimpin Jakarta, pemimpin yang tegas, pemimpin yang berani membongkar berbagai hal yang merugikan kepentingan rakyat,” tambahnya.

Terkait siapa kandidat cagub DKI yang akan diusung PDIP, Hasto masih belum bisa memastikannya. Dia menegaskan keputusan siapa pengganti Anies yang akan diusung PDIP berada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top