News

Sidang Ahok, Hakim : Ahok Membuat Keresahan dan Mencederai Umat Islam

Sidang Ahok vonis dua tahun penjara

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ahok divonis dengan hukuman pidana penjara dua tahun dalam putusan sidang terkait kasus penodaan agama.Majelis hakim yang dipimpin oleh Dwiarso Budi Santiarto telah mempertimbangkan beberapa faktor yang dapat meringankan juga memberatkan putusan vonis Ahok.

“Perbuatan terdakwa telah menimbulkan keresahan dan mencederai umat Islam. Perbuatan terdakwa dapat memecah kerukunan antar umat beragama dan antar golongan,” kata Abdul Rosyid, salah satu hakim anggota (9/5).

Selain itu pertimbangan yang meringankan adalah sikap kooperatif Ahok selama proses peradilan. Pasalnya Ahok selalu hadir dalam peradilan dan selama ini Ahok belum pernah mendapatkan hukuman pidana.

Dari pertimbangan tersebut majelis hakim memvonis Ahok dengan dua tahun penjara. Vonis yang terbukti Ahok telah melanggar Pasal 156a, penghinaan terhadap satu golongan.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut umum telah memberikan tuntutan kepada Ahok dengan menuntut vonis satu tahun penjara dengan dua tahun masa percobaan. Akan tetapi, hakim berkata lain dengan pertimbangannya sendiri hakim memutuskan Ahok untuk divonis dua tahun dengan penahanan langsung.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top