News

Sidang MK ; Ungkap Pelatihan Kecurangan untuk Saksi Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin

Pelatihan Kecurangan untuk Saksi Pasangan Joko Widodo

Kesaksian yang disampaikan saksi dari kuasa hukum Prabowo Subainto-Sandiaga Uno, Hairul Anas Suaidi soal adanya pelatihan melakukan kecurangan untuk saksi pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dinilai masih mentah.

Penilaian itu disampaikan mantan hakim Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD terkait kesaksian Hairul Anas yang merupakan keponakannya, dalam sidang di MK, Kamis dini hari.

“Kesaksian yang disampaikan itu semuanya mentah, tidak ada kaitannya dengan kecurangan, dan bukan kecurangan,” kata Mahfud MD di Kantor BPIP, Jakarta, Kamis (20/6/19).

Soal kesaksian keponakannya yang menyebut Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko pernah menyampaikan materi bahwa kecurangan adalah bagian dari demokrasi, Mahfud mengatakan, Moeldoko hanya mengatakan bahwa di dalam demokrasi itu biasa terjadi kecurangan, namun Moeldoko tidak mengajak orang curang.

“Itu di buku ada memang di demokrasi itu politik curang, buku-buku siapa saja, Deliar Noer, Franz Magnis Suseno buku standar ilmu politik, di dalam demokrasi biasa curang tapi Anda jangan berlaku curang. Kan gitu,” kata dia.

Sedangkan mengenai kesaksian keponakannya jika TKN menyerukan golput agar pasangan 01 menang dinilai keliru oleh Mahfud. Justru sebaliknya, kata Mahfud, Jokowi dan TKN mengkampanyekan untuk memilih. Sebab angka golput di kalangan milenial berdasarkan survei saat itu cukup tinggi.

Terkait kesaksian Hairul di sidang MK soal netralitas aparat dan mengkapitalisasi isu-isu keberhasilan pemerintahan Jokowi, menurut Mahfud tugas aparatur sipil negara memang mengkampanyekan keberhasilan program pemerintah.

Meski demikian, Mahfud mengapresiasi Hairul yang sudah berani tampil di hadapan publik. “Tapi bagus, saya dorong dia biar maju. Kalau memang berpolitik biarkan,” kata Mahfud. 

Hairul Anas Ungkap Pelatihan Saksi TKN Ajarkan Kecurangan

Hairul Anas Suaidi, saksi dari pihak 02, dalam persidangan di MK, Jakarta, Kamis (20/6/19) dini hari.

Dirinya mengungkapkan hal yang ia ketahui lantaran ia berstatus sebagai Caleg dari Partai Bulan Bintang, yang merupakan pendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019.

“Saya adalah caleg dari Partai Bulan Bintang yang merupakan pendukung Paslon 01, kemudian saya ditugaskan hadir dalam pelatihan saksi,” kata saksi.

Hairul Anas yang merupakan keponakan dari mantan Ketua MK Mahfud MD menerangkan, dalam pelatihan yang digelar beberapa bulan sebelum pemungutan suara di Jakarta itu, ia mendapatkan materi pelatihan kecurangan bagian dari demokrasi.

Menurutnya, materi yang disajikan dirasa mengagetkan dan membuatnya merasa tidak nyaman dalam mengikuti pelatihan. Ia mencontohkan tentang pengerahan aparat untuk kemenangan salah satu pasangan calon yang menurut dia tidak sesuai dengan prinsip demokrasi.

“Terlebih lagi menunjukan gambar orang, tokoh, pejabat, kepala daerah yang diarahkan untuk memberikan dukungan logistik untuk salah satu paslon, ini mengganggu saya hingga pada akhirnya saya membantu 02,” kata Anas.

Di dalam pelatihan, strategi pemilu dan cara kampanye yang diberikan misalnya, agar paslon 01 menang, dan paslon 02 diidentikkan dengan ideologi ekstrim dan radikal.

“Diksi antibhineka, khilafah memang diselipkan banyak. Memang Berbau isu di media sosial, saya rasa materi-materi itu,” kata saksi.

Terkait saksi yang dihadirkan pihak Prabowo-Sandi, yang merupakan Caleg PBB, Ketua tim hukum Jokowi-Ma’ruf, yang juga Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra mengaku tak mempermasalahkannya. Ia menilai yang bersangkutan sudah dianggap sulit diberitahu atau ‘ngeyel’.

“Nggak jadi masalah. Jadi memang dari awal juga kami sudah menganggap ini orang agak ngeyel,” kata Yusril, di gedung MK, Kamis (20/6/19).

Menurutnya, meski hadir dalam sidang, Hairul tidak membuktikan apapun. Sehingga Yusril mengaku tidak ada masalah terhadap kesaksiannya.

“Di dalam sidang pun saya diberi kesempatan untuk tanya, nggak ada apapun yang mau saya tanya.” 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top