News

Sistem Ganjil Genap di Tol Bekasi Barat – Semanggi Batal

Sistem Ganjil Genap di Tol Bekasi Barat-Semanggi Batal

Rencana Kementerian Perhubungan menerapkan uji cobasistem ganjil genap pada Jalan Tol Bekasi Barat – Semanggi Selasa (22/8) batal dilaksanakan.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada wartawan melontarkan akan menerapkan sistem ganjil genap bagi kendaraan pribadi di Jalan Tol Bekasi -Semanggi dan sebalikmya paling lambat akhir bulan Agustus 2017.

Pernyataan Menhub juga diperkuat dengan keterangan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihantono yang menyatakan sudah melakukan sosialisasi dan penerapan sistem ganjil genap pada ruas jalan tol tersebut tidak bisa ditunda lagi mengingat kemacetan akibat adanya sejumlah pekerjaan infrastruktur di jalur tol.

Namun demikian, Kepala BPTJ menarik pernyataannya dan menegaskan uji coba sistem ganjil genap tidak akan dilaksanakan.

“Belum ada uji coba di jalan tol itu.Kita masih mengkaji kembali,”katanya.

Menurut Bambamg, BPTJ sendiri belum tahu kapan pemberlakuan sistem ganjil genap akan diberlakukan.

Namun Kepala BPTJ ini mengakui dengan adanya proyek pekerjaanpembangunan elevated tol road, kereta api cepat, dan LRT yang dilaksanakan bersamaan di jalur tol Jakarta -Cikampek kemacetan kini bertambah parah.

Kondisi tersebut diperparah lagi dengan banyaknya ngkutan barang yang melaju di bawah ketentuan kecepatan batas minimal di jalan tol.

Setiap harinya kata Bambang ada sekitar 40 ribu kendaraam yang melintas di ruas jalan tol Jakarta – Cikampek. Dengan diberlakukan sistem ganjil genap diharapkan akan ada pengurangramgan volume jumlah kendaraan hingga 50 persen.

Tadinya untuk menerapkan ganjil genap pemerintah mendorong agar masyarakat yang menggunakan mobil pribadi bisa beralih naik angkutan umum.

Untuk mendukung program angkutan umum, BPTJ telah menyiapkan 60 bus tambahan agar pemilik kendaraan perlahan beralih ke angkutan umum.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top