News

Situs Eror Hingga Perpanjang Masa Pengajuan Akun Warnai PPDB Jakarta 2021

Situs Eror Hingga Perpanjang Masa Pengajuan Akun Warnai PPDB Jakarta 2021

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jakarta 2021 mulai dibuka pada Senin, 7 Juni 2021. Pendaftaran untuk Anak Guru jenjang SMP, SMA, SMK dan jalur Perpindahan Prang Tua itu diwarnai sejumlah kendala saat pendaftar mengajukan akun pada laman https://ppdb.jakarta.go.id.

Pada hari pertama PPDB DKI Jakarta 2021, Ombudsman DKI telah menemukan dua kendala. Tegus P Nugroho, Kepala Kantor Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya menuturkan salah satu kendala yang disorot adalah kemampuan server mengatasi tingginya jumlah kunjungan.

“Pertama kemampuan server untuk mengatasi banyaknya traffic pendaftaran. Jadi orangtua mengalami kesulitan untuk mengunjungi situs pendaftaran dan pastinya bukan dikarenakan lemotnya internet dari pihak orangtua. Sebab infrastruktur internet Jakarta sangat mendukung,” tutur Teguh seperti dilansir dari detikcom, Selasa (7/6/2021).

“Kedua, adanya keluhan dari orangtua siswa soal kolom asal sekolah yang tak kunjung muncul. Ini layaknya yang terjadi 2 tahun lalu,” sambungnya.

Teguh menuturkan kendala ini membuat para orangtua kesulitan dalam mengakses website pendaftaran. Ia meminta supaya Dinas Pendidikan DKI Jakarta secepatnya menyelesaikan kendala ini.

“Dinas Pendidikan DKI harus secepatnya menyiapkan mitigasi supaya masalah ini dapat secepatnya diantisipasi,” ucapnya.

Pengajuan Akun Diperpanjang

Merespons adanya kendala tersebut, Pemprov DKI Jakarta sementara ini menghentikan proses pengajuan akun PPDB DKI 2021. Kasubag Humas Disdik DKI Jakarta Taga Radja menuturkan waktu pendaftaran akun bakal diperpanjang sampai 10 Juni 2021.

“Kita telah mengambil kebijakan, sebab ini hingga satu hari maka Dinas Pendidikan memundurkan waktu hingga tanggal 10 Juni 2021 pukul 14.00 WIB. Jadi mundur satu hari,” kata Taga, Senin (7/6/2021).

Lihat Juga: Proses Belajar Daring, Anies Minta Pendidik Lebih Kreatif

Optimalisasi Situs PPDB DKI Jakarta

Taga mengatakan, pihaknya sedang berupaya mengoptimalisasi laman ppdb.jakarta.go.id. Pihaknya juga memastikan optimalisasi sistem tersebut tidak mengganggu kinerja website. Menurutnya, calon siswa baru yang telah berhasil mendaftar tetap dapat mengakses laman website PPDB Jakarta.

Optimalisasi Situs PPDB DKI Jakarta
Pengumuman Optimalisasi Situs PPDB DKI Jakarta

“Yang dihold hanya pengajuan akun saja. Kalau yang lain semua bisa, mau melihat prestasi, peringkat, semuanya bisa. Untuk yang telah memiliki akun ya. Namun yang akun baru sementara (pengajuan dihentikan) hanya dua jam, jam 16.00-18.00 untuk optimalisasi,” terangnya.

Taga juga mengimbau agar orangtua tidak khawatir anaknya belum bisa mendaftar PPDB. Ia memastikan penghentian sementara ini tidak merugikan masyarakat.

“Tidak merugikan masyarakat jadi waktunya ditambah. Insya Allah ini sudah terbaik untuk kita berikan ke warga Jakarta,” tuturnya.

PPDB Jakarta sendiri seharunya dimulai pada tanggal 7-8 Juni 2021 mulai pukul 08.00-00.00 WIB. Selain itu pada 9 Juni 2021 akan dibuka untuk jalur Prestasi Akademik dan Nonakademik mulai pukul 01.00-14.00 WIB jenjang pendidikan SMP, SMA dan SMK.

Sementara bagi pendaftar jalur Anak Guru dan Pindah Tugas Orangtua mulai dibuka pada 7-29 Juni 2021 pukul 08.00-16.00 WIB dan 30 Juni 2021 pukul 12.00 WIB. Sedangkan untuk jalur penerimaan lain dibuka setelah kedua jalur di atas.

Sebelumnya, website resmi PPDB Jakarta 2021 dilaporkan sulit diakses, akibatnya proses pengajuan akun untuk sementara terpaksa dihentikan. Pemberitahuan tersebut tertulis di situs ppdb.jakarta.go.id, pukul 15.39 WIB muncul pop up yang memberitahukan bahwa situs PPDB DKI Jakarta 2021 tengah dioptimalisasi.

Lihat Juga: Daftar Sekolah Online, Begini Caranya!

Sesuai pengumuman resminya, penghentian sementara tersebut berlangsung dua jam mulai 16.00 WIB hingga 18.00 WIB. Usai optimalisasi situs selesai, pendaftar dapat kembali melakukan pengajuan akun, seperti dikutip dari laman resmi PPDB Jakarta.

Di lain sisi, masih ada sejumlah peserta PPDB DKI Jakarta 2021 yang tak mengetahui proses prapendaftaran yang telah ditutup sejak 4 Juni 2021 lalu.

To Top