News

SKB 3 Menteri, Sekolah Negeri Harus Hapus Aturan Seragam Keagamaan

SKB 3 Menteri, Sekolah Negeri Harus Hapus Aturan Seragam Keagamaan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beserta Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri. Keputusan tersebut berkaitan dengan Penggunaan Pakaian Seragam dan Atribut di sekolah Negeri mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah. SKB 3 Menteri tersebut diluncurkan pada Rabu (3/2/2020) dan mencakup enam keputusan utama.

Lihat Juga: Veronica Kirim Pesan ke Mendagri, Ini Isi PesanVKL

Salah satu poin dalam keputusan tersebut adalah mewajibkan Pemerintah Daerah dan Kepala Sekolah untuk mencabut aturan yang mengharuskan atau melarang penggunaan seragam atau atribut keagamaan di sekolah negeri.

Mendikbud Nadiem Makarim, menuturkan Pemerintah Daerah dan Kepala Sekolah wajib mencabut aturan yang mengharuskan maupun melarang seragam dan atribut dengan kekhususan agama paling lambat 30 hari setelah keputusan bersama tersebut ditetapkan.

Jika terdapat pelanggaran kepada keputusan bersama itu, maka akan ada sanksi yang diberikan kepada pihak pelanggar. Nadiem menuturkan, SKB 3 Menteri tersebut mengatur secara spesifik sekolah negeri di Indonesia yang diselenggarakan oleh Pemda.

Walaupun begitu, Mendikbud Nadiem Makariem mengatakan peserta didik, pendidik, dan tenaga pendidikan beragama Islam di Provinsi Aceh mendapat pengecualian dari Keputusan Bersama tersebut.

Seperti yang diketahui bahwa berdasarkan peraturan perundang-undangan Aceh merupakan daerah dengan pemerintahan khusus di Indonesia. Menurut Nadiem, ada beberapa pertimbangan yang membuat SKB tersebut harus diluncurkan, yaitu:

  1. Sekolah mempunyai peranan penting dan tanggung jawab untuk menjaga ideologi dan dasar negara Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1947, keutuhan negara, dan Bhineka Tunggal Ika.
  2. Sekolah berfungsi untuk membangun wawasan, sikap serta karakter peserta didik, pendidik, dan tenaga pendidik lainnya untuk memelihara persatuan dan kesatuan Indonesia. Selain itu, sekolah juga menjadi tempat untuk membina serta memperkuat kerukunan antar umat beragama.
  3. Pakaian seragam dan atribut peserta didik, pendidik, dan tenaga pendidik di jenjang pendidikan dasar maupun menengah di lingkungan sekolah negeri merupakan salah satu wujud toleransi atas keragaman di Indonesia.

Untuk mengawasi pelaksanaan SKB 3 Menteri tersebut, Nadiem berharap masyarakat maupun guru ikut terlibat. Masyarakat dapat mengajukan aduan maupun melapor terkait SKB Tiga Menteri tersebut di Kemendikbud melalui sejumlah portal maupun Pusat Panggilan 177.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top