News

Habib Rizieq Positif Covid-19 Tapi Ngaku Sehat, Bahayakan Umat!

Habib Rizieq Positif Covid-19 Tapi Ngaku Sehat, Bahayakan Umat!

Habib Rizieq Shihab sempat terkonfirmasi positif Covid-19 melalui hasil swab test, beberapa waktu lalu. Hal ini sebagaimana disampaikan Direktur Tindak Pidana Umum bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi.

Andi menyebut Habib Rizieq justru mengaku dalam keadaan sehat alias tidak terserang penyakit apa pun.

“Diketahui bahwa (Habib Rizieq) sudah positif (Covid-19) itu tanggal 25 November. Tapi di 26 November itu ngomong tidak ada masalah, sehat walafiat, tidak ada sakit apa pun,” kata Andi, Selasa lalu (12/1/2021).

Menanggapi hal itu, anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDIP Rahmad Handoyo menyebut hasil swab test positif Covid-19 bukan aib. Ia mengatakan kabar terkonfirmasi Covid-19 seharusnya disampaikan secara terang benderang ke publik. Hal ini penting dilakukan agar semua pihak dapat melakukan pengendalian penyebaran Covid-19.

“Dalam kesempatan ini, saya mengimbau kepada siapa pun, yang telah dinyatakan positif (Covid-19) bukanlah aib. Toh, justru berterus terang memberikan informasi kepada para pihak yang kontak erat untuk lebih hati-hati dan tracing, dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19,” kata Handoyo, Jumat (15/1/2021).

Handoyo menilai sikap Habib Rizieq yang menutup-nutupi hasil swab test positif Covid-19 merupakan tindakan yang membahayakan umat. Lebih dari itu, kata dia, tindakan tersebut sama halnya tidak membantu pemerintah dalam mengendalikan Covid-19.

“Kepada siapa saja yang dinyatakan positif namun menutupi, akan sangat berbahaya buat orang disekelilingnya. Orang yang pernah kontak erat dan macam ini adalah orang yang tidak membantu pemerintah dalam pengendalian Covid-19. Namun justru berbahaya buat umat sekitar maupun keluarganya,” tegas politikus PDIP itu.

PKB: Usut Kebohongan Habib Rizieq!

Di sisi lain, politikus PKB Luqman Hakim juga ‘menyemprot’ Habib Rizieq yang mengaku sehat ketika dinyatakan positif Covid-19. Menurutnya, tindakan eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu melanggar hukum.

Lebih lanjut, Luqman menilai apa yang dilakukan Habib Rizieq membahayakan keselamatan orang lain.

“Pasien memiliki hak untuk merahasiakan medical record-nya. Ini (memang) dilindungi UU. Tapi jika seseorang menyatakan dirinya sehat, sedangkan menurut medic terbukti terjangkit penyakit yang dapat menular pada orang lain, maka ia melanggar hukum. Yakni dengan sengaja membahayakan keselamatan orang lain,” tegas Luqman, Kamis (14/1/2021).

Oleh karena itu, Luqman mendorong pihak kepolisian untuk mengusut tuntas ‘kebohongan’ yang dilakukan Habib Rizeq. Dia juga mengimbau seluruh tokoh publik agar bersikap blak-blakan menyampaikan hasil medis jika dinyatakan positif Covid-19.

“Saya minta kepada polisi agar kebohongan yang dilakukan Muhammad Rizieq Shihab ini diusut tuntas menurut aturan hukum yang berlaku. Saya berharap siapa pun, apalagi tokoh publik, apabila secara medic dinyatakan terpapar Covid-19, lebih baik menjelaskan terbuka ke masyarakat. Covid-19 ini bukan aib yang harus disembunyikan,” sambung politikus PKB itu.

Kuasa Hukum Habib Rizieq Bersuara

Kuasa hukum Habib Rizieq Shihab, Sugito Atmo Prawiro mengatakan hasil swab test klien-nya yang dinyatakan positif Covid-19 merupakan bagian dari privasi. Menurutnya, tidak semua privasi harus disampaikan ke publik, terlebih kepada pemerintah.

Lebih lanjut, Sugito menyebut klien-nya sudah menerapkan protokol kesehatan sebagaimana yang diatur oleh pemerintah bagi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Tidak semua apa yang jadi privasi keluarga harus diinformasikan ke publik, atau pemerintah harus tahu. Kalau Habib Rizieq harus menaati ketentuan yang dijalankan pemerintah, ia (sudah diterapkan), seperti isolasi. Semuanya kan diikuti,” tegas Sugito, Kamis (14/1/2021).

Sugito pun menyampaikan keheranannya mengapa Habib Rizieq seperti didesak untuk mengakui bahwa dirinya sempat terkonfirmasi positif Covid-19. Dia menduga hal ini dikarenakan klien-nya kerap mengkritik pemerintah.

“Kok hanya Habib Rizieq sih? Kenapa hanya Habib Rizieq? Karena selama ini Habib Rizieq terlalu oposan terhadap pemerintah?” sambungnya.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top