News

Soal Kode Jokowi Dukung Ganjar Pranowo Capres, PDIP: Sudah Jelas Pencalonan dari Parpol

Kode Jokowi Dukung Ganjar Pranowo

Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di rakernas Projo di Magelang, Jawa Tengah, mendapat sorotan. Salah satunya terkait pernyataan Jokowi “ojo kesusu” kepada Projo dalam mendukung calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Sejumlah pihak mengatakan ada kode Jokowi dukung Ganjar Pranowo.

Menjawab hal tersebut, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, menganggap soal pencalonan kandidat untuk capres maupun cawapres di Pilpres 2024 bakal ditentukan secara resmi oleh partai.

“Sudah jelas kok pencalonan itu oleh (dari) parpol kan begitu. Ya sudah nanti kami lihat aja dalam perjalanan toh,” ujarnya Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/5/2022). 

Menurut dia, mengenai siapa nanti yang akan diusung jadi capres atau cawapres dari PDIP sudah pasti akan ditentukan oleh partai itu sendiri. Ia menilai, hal tersebut adalah hal yang biasa dalam urusan dukung mendukung calon.

Lihat Juga: 3 Hal Yang Bikin PDIP Bersikap ‘Keras’ Ke Ganjar Pranowo

Meski begitu, saat ditanya apakah pernyataan presiden itu sebagai kode Jokowi dukung Ganjar Pranowo, Bambang menekankan tidak ingin menanggapinya lebih jauh. Bambang menegaskan, bahwa dirinya sebagai Bappilu PDIP akan memberikan pernyataan tentang isu yang tengah ramai jadi perbincangan itu.

“Jadi hari ini begini saja, saya no comment dulu deh ya, no comment dulu tapi saya janjikan minggu depan saya akan jawab. Tapi hari ini dia no comment dulu ya,” jelasnya.

Kode Jokowi Dukung Ganjar Pranowo di Rakernas Projo

Sebelumnya, Jokowi membuka Rakernas V Projo di Balai Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (21/5/2022).

Pada pertemuan tersebut juga turut dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Dalam sambutannya, Jokowi menyinggung soal kontestasi capres menjelang Pilpres 2024.

“Yang berkaitan dengan politik, karena kita fokus selesaikan masalah itu, maka ojo kesusu sik, jangan tergesa-gesa, meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini (di arena Rakernas),” ucap Jokowi.

Lihat Juga: Elektabilitasnya Apik, Ganjar Pranowo Pengin Nyapres Nggak Sih?

Pernyataan “yang kita dukung hadir di sini” dari Jokowi ini dibaca oleh Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya sebagai kode dukungan untuk Ganjar maju Pilpres 2024.

“Saya lebih melihat ini awal mula bahwa bahasa simbol yang kuat, katakanlah ini arah dukungan ke Pak Ganjar,” tutur Yuniarto, Minggu (22/5/2022). 

Ia menjelaskan Ganjar mempunyai tingkat popularitas dan elektabilitas paling tinggi di antara para kandidat lain yang disebut dalam lembaga-lembaga survei kredibel. Ganjar juga kerap disebut sebagai penerus Jokowi sebagai Presiden RI periode 2024-2029.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top