News

Soal Partai Mahasiswa Indonesia yang Belakangan Jadi Sorotan

Partai Mahasiswa Indonesia

Belakangan ini, Partai Mahasiswa Indonesia sedang jadi perhatian. Sebab, partai ini menjadi salah satu yang berhak mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari sejumlah partai politik (parpol).

Diketahui, Partai Mahasiswa Indonesia merupakan parpol ke-69 yang sudah disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumhan) sebagai parpol yang berbadan hukum. Partai yang diketuai oleh Eko Pratama itu saat ini berhak ikut daftar ke KPU.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ulasan terkait Partai Mahasiswa Indonesia yang akhir-akhir ini tengah jadi perbincangan hangat.

Apa Itu Partai Mahasiswa Indonesia?

Parpol ini jadi perbincangan publik saat Sufmi Dasco Ahmad yang merupakan Wakil Ketua DPR RI melakukan audiensi dengan perwakilan demonstran pada 21 April 2022 lalu.

"Telah lahir partai baru, ada namanya Partai Buruh. Lalu kemudian ada juga Partai Mahasiswa Indonesia. Sudah sah di Departemen Hukum dan HAM," kata Dasco saat audiensi dengan menyampaikan perwakilan massa unjuk rasa pada Kamis (21/4/2022) di kompleks Gedung DRR, Senayan, Jakarta.

Lihat Juga: Demo 21 April 2022, Ini 7 Tuntutan yang Diusung

Diketahui bahwa logo parpol satu ini memiliki dasar lambang berbentuk lingkaran dengan warna merah. Dalam lingkarang tersebut ada gambar berupa toga warna hitam.

Kemudian, di tengah toga terdapat gambar sayap warna putih dan bintang kuning pada bagian tengah. Selain itu, pada bagian bawah ada gambar toga hitam dengan tulisan huruf kapital berwarna putih ‘Partai Mahasiswa Indonesia’.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini daftar pengurus tingkat pusat:

  • Ketua Umum: Eko Pratama
  • Bendahara Umum: Muhammad Akmal Mauludin
  • Ketua Mahkamah: Tegus Stiawan
  • Anggota Mahkamah: Davistha A, Rican

Siapa Sebenarnya Eko Pratama?

Eko Pratama yang menjabat sebagai ketua Umum merupakan mahasiswa dari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS). Ia juga menjadi Ketua BEM Nusantara. BEM Nusantara sendiri terbagi jadi dua, yakni kubu Dimas Prayoga dan kubu Eko Pratama.

Itulah informasi terkait Partai Mahasiswa Indonesia yang digadang-gadang bakal ikut dalam daftar Pemilu 2024 nanti.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top