News

Soal Perpanjangan Masa Jabatan Presiden, Demokrat: Ini Maunya Pak Jokowi

Soal Perpanjangan Masa Jabatan Presiden, Demokrat: Ini Maunya Pak Jokowi

Partai Demokrat menduga wacana perpanjangan masa jabatan presiden bukan berasal dari aspirasi ketua umum partai politik (parpol) pendukung pemerintah. Demokrat justru menuduh wacana perpanjangan masa jabatan itu adalah keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Yaitu Ketua Bappilu DPP Demokrat Andi Arief yang menyatakan tuduhan tersebut. Andi Arief mengklaim partainya sudah tahu bahwa wacana perpanjangan masa jabatan presiden bukan berasal dari keinginan parpol pendukung.

"Bagi Partai Demokrat, kami sudah tahu ini maunya Pak Jokowi, bukan maunya partai-partai politik," ujar Ketua Bappilu Demokrat Andi Arief kepada awak media, Kamis (24/2/2022).

Seperti diketahui, sebelumnya Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar menyampaikan aspirasi perpanjang masa jabatan presiden. Aspirasi tersebut ‘disamarkan’ dengan wacana penundaan Pemilu 2024.

Lihat Juga: Demokrat Klaim Moeldoko Sudah Ditegur Jokowi, Gerindra: Nggak Penting!

Andi Arief menekankan penyelenggaraan pemerintahan tidak boleh dilaksanakan dengan main-main. Seluruh peraturan yang sudah ditetapkan negara, tegas Andi Arief, tidak dapat diubah seenaknya.

"Ini soal penyelenggaraan negara dan pemerintahan serta aturan, bukan hal main-main. Ini bukan perusahaan atau komplotan yang segala peraturannya bisa diubah secara ugal-ugalan," ucap Andi Arief.

"Aturan bukan hanya milik partai politik, tetapi semua komponen bangsa. Ada komponen non partai dan non-negara yang juga harus diperhatikan," lanjutnya.

Demokrat Minta Penjelasan Jokowi Soal Perpanjangan Masa Jabatan Presiden

Demokrat sendiri secara tegas meminta penjelasan dari Presiden Jokowi terkait keinginan perpanjangan masa jabatan tersebut. Demokrat meminta Jokowi untuk menjelaskannya kepada masyarakat secara gamblang.

Bagi partai berlambang mirip mercy ini tidak ada kata lain selain menolak usulan perpanjangan masa jabatan Jokowi. Andi Arief mengatakan Demokrat menjunjung tinggi nilai demokrasi yang berakal sehat.

Bukan hanya itu, Demokrat juga meminta Presiden Joko Widodo untuk menghentikan ambisi perpanjangan masa jabatan. Partai yang membawa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Presiden RI selama dua periode itu juga mengingatkan Jokowi supaya tak melewati batasan yang ada.

"Sebaiknya Pak Jokowi menolak dan menghentikan ambisi perpanjangan ini. Jangan remehkan kekuatan di luar koalisi. Pak Jokowi jangan melewati batas," kata Andi Arief.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top