News

Soal Prabowo Tegur Fadli Zon, Apa Kata PDIP?

Soal Prabowo Tegur Fadli Zon, Apa Kata PDIP?

Fadli Zon disebut baru saja mendapatkan teguran dari Prabowo Subianto lantaran menyindir Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait banjir di Sintang, Kalimantan Barat. Apa kata PDIP soal teguran itu?

Politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno menegaskan pihaknya tidak pengin mencampuri partai lain.

“Itu urusan Gerindra. Bukan urusan kami. Tidak elok kita mencampuri urusan dapur orang lain,” ungkap Hendrawan, Minggu (14/11/2021).

Hendrawan menyebut Fadli Zon sebagai spesialis pengkritik Jokowi. Menurut dia, politikus Partai Gerindra itu akan puas jika sudah melayangkan kritikan.

“Fadli Zon ya memang begitu. Spesialis mengkritik kebijakan publik. Sebelum ini, dia rajin buat puisi kritik yang ditujukan kepada Jokowi. Kompetensinya di situ. Kepuasannya terlampiaskan dengan melontarkan kritik. Orang seperti Fadli Zon cocok duduk di Dewa Pertimbangan atau Dewan Penasihat,” terangnya.

Kendati begitu, Hendrawan mengatakan kritikan sebaiknya dijadikan ‘vitamin’ untuk memperbaiki kinerja. Dengan kata lain, lanjut dia, kritikan semestinya mampu diubah menjadi perubahan yang lebih baik.

“Kritik yang obyektif harus kita dengar. Harus kita jadikan vitamin untuk memperbaiki kinerja. Dalam demokrasi, kita harus mampu mengonversi kritik menjadi energi perubahan ke arah yang lebih baik,” sambungnya.

Kata Pengamat Soal Teguran Prabowo untuk Fadli Zon

Pengamat politik sekaligus Peneliti CSIS Arya Fernandes menilai wajar Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melayangkan teguran kepada kadernya Fadli Zon. Arya menyebut pernyataan Fadli Zon tidak mencerminkan sikap partai koalisi.

“Sebagai partai koalisi memang harus ada disiplin koalisi. Dan, apa yang dilakukan Fadli Zon itu, menurut saya, tidak mewakili semangat disiplin koalisi. Makanya, mendapatkan istilahnya review dari Ketua Umum,” ungkap Arya, Minggu (14/11/2021).

“Saya kira itu suatu yang wajar yang dilakukan pak Prabowo untuk memelihara hubungan antar partai koalisi ya. Apalagi kan pak Prabowo bagian dari pemerintahan,” sambungnya.

Arya menambahkan (menurutnya) teguran Prabowo bermaksud menjaga hubungan baik dengan Jokowi untuk kepentingan Pilpres 2024. Sebab, lanjut dia, Jokowi memiliki pengaruh untuk meningkatkan suara bagi calon presiden 2024.

“Dan, memang pak Prabowo juga sadar bahwa bagaimana pun tentu pak Jokowi ini masih menjadi faktor yang diperhitungkan calon-calon dalam Pilpres mendatang. Diperhitungkan itu maksudnya setiap gerakan pak Jokowi akan memengaruhi suara publik. Karena, paling nggak beliau masih punya pemilih yang sangat loyal, sekitar 25 persen. Itu kan bagi calon itu angka besar,” paparnya.

Pengamat politik itu menekankan pentingnya partai koalisi memberikan sikap yang sejalan dengan pemerintah. Baik dalam hal perilaku, sikap hingga pernyataan politik.

“Sebagai mitra koalisi, tentu, perilaku, sikap dan pernyataan politik setidaknya harus mewakili semangat koalisi,” tambah Arya.

Teguran Prabowo

Sebelumnya, juru bicara Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan Fadli Zon telah ditegur Prabowo Subianto usai menyindir Presiden Jokowi terkait banjir di Sintang. Habiburokhman mengatakan teguran itu disampaikan oleh Sekjen Gerindra.

“Pak Prabowo melalui pak Sekjen. Lisan saja. Soal tweet pak Fadli Zon soal Sintang. Kami perlu meluruskan jika statement tersebut tidak mewakili fraksi atau pun partai,” kata Habiburokhman.

Habiburohkman kemudian menyampaikan permintaan maaf apabila statement salah satu kader Gerindra itu menimbulkan ketidaknyamanan.

“Kepada beliau (Fadli Zon) sudah diberikan teguran. Dan, kami juga meminta maaf apabila statement tersebut menimbulkan ketidaknyamanan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Habiburokhman mengatakan tidak saja Fadli Zon, melainkan juga kader Gerindra yang menyampaikan pernyataan tidak tepat atau menimbulkan ketidaknyamanan pun ditegur. Dirinya sendiri juga acap kali menerima teguran karena pernyataan yang disampaikan tidak tepat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top