News

Soroti Maraknya Baliho Politisi, Ketum PAN: Gak Zaman!

Soroti Maraknya Baliho Politisi, Ketum PAN: Gak Zaman!

Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan menyoroti maraknya baliho politisi yang terpampang di pinggir-pinggir jalan, di sejumlah daerah. Zulkifli menilai pemasangan baliho saat ini sudah tidak efektif.

Pernyataan ini disampaikan Zulkifli usai bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Minggu (29/8/2021) kemarin. Lantas, menurut dia, media seperti apa yang lebih efektif saat ini dibandingkan baliho?

Zulkifli mengatakan TikTok dapat dijadikan platform yang efektif untuk menyapa kalangan anak muda zaman sekarang. Dia mengaku baru mengetahui hal itu akhir-akhir ini.

“Saya baru tahu beberapa waktu terakhir. Kata kang Emil, ini platform yang penting untuk menyapa generasi muda,” kata Zulkifli.

Ketum PAN itu lantas menyatakan baliho dan spanduk sudah tidak efektif digunakan saat ini. Dia menilai kedua media itu sudah ‘nggak zaman’.

“Sudah nggak zaman spanduk dan baliho,” sambungnya.

Pertemuan Ketum PAN dan Ridwan Kamil Bahas Apa?

Pertemuan antara Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu diketahui berlangsung secara tertutup, di kediaman sang Gubernur di Gedung Pakuan, Bandung. Apa yang dibahas oleh kedua tokoh itu? Apakah ada kaitannya dengan Pilpres 2024?

Zulkifli menegaskan dirinya dan Ridwan Kamil berbincang soal negara. Lebih spesifiknya, kata Zulkifli, topik yang dibicarakan bertujuan untuk menemukan jalan tengah guna membesarkan nama Indonesia.

“Sudah lama tidak bertemu. Jadi kita ngobrol. Bicara soal Indonesia. Kita butuh jalan tengah untuk sama-sama membesarkan bangsa ini,” terang Zulkifli.

Di sisi lain, Ridwan Kamil mengaku senang dikunjungi Zulkifli Hasan. Dia mengaku diundang untuk menghadiri acara PAN.

“Bahagia dikunjungi pak Zul. Beliau sekalian mengundang acara peresmian rumah PAN Jabar,” ungkap Ridwan Kamil.

Zulkifli Sering Komunikasi dengan Ridwal Kamil

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno mengungkapkan Zulkifli Hasan dan Ridwal Kamil cukup sering melakukan komunikasi. Adapun pembahasannya berkaitan dengan isu dan permasalahan yang muncul di Jawa Barat.

“Berinteraksinya cukup sering mengenai isu-isu permasalahan yang ada di Jawa Barat, terutama sekarang masalah Covid-19,” ungkap Eddy, Minggu (29/8/2021).

Eddy menegaskan pihaknya akan terus menjalin komunikasi panjang dengan Ridwan Kamil karena PAN memiliki banyak kader yang turut ‘berjuang’ di Jawa Barat. Dia mencontohkan kader PAN Bima Aria yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Bogor.

“(PAN) memiliki kader-kader yang saat ini menjabat kepala daerah seperti wali kota Bogor, wakil bupati Ciamin, wakil bupati Purwakarta, yaitu kader-kader PAN yang juga ikut berjuang di eksekutif di Jawa Barat untuk ikut menangani permasalahan-permasalahan dan turun ke masyarakat untuk membantu warga yang terdampak Covid-29 maupun terdampak perekonomiannya,” jelasnya.

Sebelumnya, Eddy juga mengatakan pertemuan Zulkifli Hasan dan Ridwal Kamil tidak terlepas dari adanya kader PAN yang menjadi anggota DPRD Jawa Barat. Ketum PAN itu, kata dia, meminta fraksi PAN mendukung kebijakan yang dikeluarkan Gubernur Jawa Barat.

“Pertemuan dengan pak Ridwan Kamil kemarin dilaksanakan karena memang PAN memiliki fraksi di DPRD Jawa Barat yang mana pak Zul sudah menyampaikan secara terbuka bahwa fraksi diminta untuk mendukung kebijakan-kebijakan gubernur,” tegas Eddy.

Eddy mengatakan ada sejumlah pembahasan yang dibicarakan oleh Zulkifli Hasan dan Ridwan Kamil. Namun, dia menegaskan tidak dapat menyampaikan hal itu secara terbuka.

“Ada beberapa hal lagi yang dibahas yang tentu ada yang saya sampaikan, ada yang tidak bisa saya sampaikan,” sambung Sekjen PAN itu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top