News

Sosok Abdullah Azwar Anas yang Dilantik Jokowi Jadi MenPAN-RB

Abdullah Azwar Anas Dilantik Jadi MenPAN-RB Baru

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) pada hari ini, Rabu (7/9/2022). Abdullah Azwar Anas dilantik menjadi MenPAN-RB menggantikan mendiang Tjahjo Kumolo.

Jokowi Lantik Abdullah Azwar Anas Jadi MenPAN-RB

Presiden Jokowi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai MenPAN-RB pada Rabu (7/9/2022) siang. Sebelumnya, Azwar Anas menjabat sebagai Kepala LKPP yaitu Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sejak Januari 2022 lalu.

Sebelumnya, PDIP mengatakan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sudah berjumpa dengan Jokowi di Istana Merdeka. Dalam pertemuan itu, Megawati disebut sudah menyodorkan nama MenPAN-RB baru untuk menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo.

“Ya nama-nama kan Ibu Ketum (Megawati Soekarnoputri) sudah bertemu dengan Bapak Jokowi, sudah mengadakan dialog yang cukup panjang, nama-nama sudah disampaikan dan dalam dialog itu kan juga dibahas hal-hal yang lain,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pada wartawan di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (21/8/2022).

Sementara Istana menyebut posisi MenPAN-RB yang sedang kosong setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia adalah jatah PDIP. Istana menyampaikan Presiden akan membicarakan jabatan MenPAN-RB tersebut dengan Megawati.

Profil Abdullah Azwar Anas

Sebelum di LKPP, Abdullah Azwar Anas menjabat sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode (2010-2021).

Riwayat Pendidikan Azwar Anas

  • 1992-1998 S1 IKIP Jakarta Fakultas Pendidikan
  • 1994-1999 S1 Universitas Indonesia Fakultas Sastra
  • 2002-2005 S2 Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Karir Azwar Anas di Dunia Politik

  • 1997-1999, Azwar Anas menjadi anggota MPR RI
  • 2004-2009, ia menjadi anggota DPR RI
  • 2010-2021, Anas terpilih sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode

Saat menjadi Bupati Banyuwangi, Anas berhasil mendapatkan sejumlah prestasi, di antaranya pada 2018-2018 Kementerian Dalam Negeri menetapkan Banyuwangi sebagai kabupaten paling inovatif.

Banyuwangi juga menjadi kabupaten pertama di RI yang mendapatkan nilai A dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP).

Lihat Juga: MenPAN-RB Bolehkan PNS Kerja dari Rumah, Tunjangan Tidak Dipotong

Anas juga menginisiasi program Rantang Kasih dengan mendistribusikan makanan bernutrisi gratis setiap hari pada warga lanjut usia dan memberi uang saku setiap hari kepada pelajar kurang mampu.

Ada pula program Smart Kampung yang memanfaatkan teknologi untuk pelayanan publik berbasis desa. Nama Abdullah Azwar Anas juga sempat disebut-sebut sebagai salah satu calon Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) yang lontarkan Presiden Jokowi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top