News

Sosok Prananda Prabowo, Putra Megawati Yang Jarang Tampil Di Publik

Sosok Prananda Prabowo, Putra Megawati Yang Jarang Tampil Di Publik

Prananda Prabowo hari ini ini terlihat mendampingi sang ibu, Megawati Soekarnoputri, saat meresmikan patung Bung Karno. Kehadiran putra Megawati ini pun cukup menyita perhatian, karena Prananda memang sangat jarang hadir di depan publik. Apalagi, kemunculanya ini di tengah polemik calon presiden PDIP.

Memiliki nama lengkap Muhammad Prananda Prabowo, ia merupakan putra kedua Megawati dan Letnan Satu Penerbang Surindro Supjarso, Suami pertama Megawati. Prananda atau Nanan yang lahir pada 23 April 1970, saat itu masih dalam kandungan ketika sang ayah wafat dalam kecelakaan pesawat Skyvan T-701pada 1970 di Biak, Papua Barat.

Lihat Juga: Prabowo Dan Megawati Bersama Resmikan Patung Bung Karno Di Kemenhan RI

Dikenal Sebagai Tokoh Misterius

Dibandingkan Puan Maharani, Prananda terlihat jarang menampakkan jejaknya di jalur politik. Ia lebih dikenal sebagai ‘man behind the door’ atau ‘tokoh misterius’. Diketahui Prananda cukup sering terlibat dalam penyusunan pidato politik Megawati. Tetapi dengan rendah hati ia mengatakan pidato tersebut disusun menurut arahan dari sang ibu. Prananda membantu mencari kutipan pidato dari sang kakek, yang tak lain adalah Bung Karno.

Pertama Kali Tampil Di Publik Pada 2010

Prananda Prabowo sempat menghebohkan Kongres PDIP pada 2010 yang diselenggarakan di Bali lalu. Ketika itu, ia hadir bersama sang ibu dan Pramono Anung dalam jumpa pers. Ia bahkan sempat diprediksi akan menjadi calon ketua umum PDIP menggantikan Megawati Soekarnoputri.

Itulah momen pertama Prananda tampil di depan publik. Tetapi, setelah itu, ia tak pernah muncul lagi. Sosoknya hanya bisa dijumpai di media sosial, seperti Facebook, Twitter atau laman pribadinya. Di akun Twitternya, @pranandaprabowo, ia banyak menuliskan soal situasi politik di Indonesia.

Prananda Prabowo Jarang Tampil Sendiri

Prananda jarang sekali terlihat tampil sendiri, ia lebih sering terlihat mendampingi ibunya. Ia sering mendampingi Megawati ketika di Kongres ataupun Rakernas PDIP. Ia juga kerap terlihat menemani sang bunda ketika menerima gelar honoris causa, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Selain itu, Prananda juga sering berdiri mendampingi Megawati ketika sang ibu menerima tamu di rumahnya yang berada di Teuku Umar, Jakarta Pusat. Misalnya saat pertemuan dengan Prabowo pada 2019 silam. Diketahui Ketua Bidang UMKM, Ekonomi Kreatif dan Ekonomi Digital PDIP itu pernah ditugaskan sang ibu untuk berdialog dengan AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) pada 2018. Yaitu pada masa-masa menjelang Pilpres 2019, tetapi tidak jelas pada isi dialog mereka.

Hobi Bermusik

Prananda mempunyai band bernama Rodinda, sejumlah lagu pun juga telah ia ciptakan. Salah satu lagunya berjudul ‘Pengkhianat’ yang saat itu sempat jadi buah bibir. Ia juga menciptakan sebuah lagu dengan judul ‘Bung Karno Bapak Bangsa’. Lagunya tersebut dipublikasikan di YouTube dan dirilis bertepatan dengan tanggal wafatnya Presiden Soekarno pada 21 Juni.

Prananda Prabowo Jadi Kepercayaan Megawati

Prananda ternyata sering berada di balik keputusan-keputusan penting PDIP. Beberapa waktu lalu ia juga terlibat dalam finalisasi calon kepala daerah dari partai yang diketuai oleh Megawati itu. Bahkan, secara terang-terangan Megawati menyatakan bahwa rekomendasi calon kepala daerah tersebut hanya dirinya dan Prananda yang mengetahui.

Lihat Juga: Rahasia Megawati Soekarnoputri Dibocorkan

Selain itu, pada Rakernas IV PDIP 2019, surat undangan ditandatangani oleh Prananda. Kala itu, surat yang ditandatangani oleh Prananda Prabowo kian menguatkan isu regenerasi puncak pimpinan PDIP. Karena pada umumnya, surat undangan rakernas diteken oleh ketua umum dan sekjen.

To Top