News

Sowan ke Megawati, Mungkinkah Buka Peluang Duet Prabowo-Puan di Pilpres 2024?

Peluang Duet Prabowo-Puan

Sejumlah pengamat menilai ada peluang besar duet Prabowo-Puan pada pemilihan Presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Kemungkinan tersebut semakin terbuka setelah Ketua Umum Gerinda Prabowo Subianto bersilaturahmi ke kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jakarta Pusat saat Idul Fitri beberapa hari lalu.

Menurut pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Adi Prayitno, pertemuan tersebut membuka peluang yang semakin besar duet Prabowo dengan kader PDIP pada pilpres 2024.

Ia mengatakan silaturahmi itu menegaskan bahwa hubungan dekat Gerindra dengan PDIP tidak terelakkan meskipun selama ini keduanya tampak bersaing ketat di pemilu.

"Ini yang juga menempatkan bahwa sangat mungkin Prabowo itu akan berkoalisi dengan calon dari PDIP nanti. Entah Puan dan mungkin yang lainnya, Ganjar mungkin. Artinya kemesraan antara Gerindra dengan PDIP ini ya sulit untuk dibantah," kata Adi seperti mengutip dari laman CNNIndonesia, Minggu (8/5/2022).

Lihat Juga: Peluang Duet Prabowo dan Cak Imin, Apa Kata Gerindra?

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia itu pun menilai jika duet Prabowo-Puan benar adanya, mereka bisa mendapatkan dukungan yang besar. Pasalnya, baik Puan atau Prabowo kini disebut sedang menggencarkan lagi kerja-kerja politiknya.

Wacana duet kader PDIP dengan Prabowo kian besar usai Menteri Pertahanan RI itu tiga kali menemui Megawati di rumahnya saat Lebaran pada Senin (2/5/2022).

Terkait hal itu, Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga menyebut tidak ada pembicaraan soal pemilu 2024 pada pertemuan itu. namun, sejumlah pihak menilai ada pembahasan politik di antara kedua ketua partai tersebut.

Persaingan Ketat Duet Prabowo-Puan Menurut SMRC

Dalam survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), sebelumnya memperlihatkan bahwa terdapat persaingan cukup ketat jika Prabowo berduet dengan Puan Maharani. Tokoh lain yang menjadi kandidat kuat adalah Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Lihat Juga: Puan Maharani Sindir Capres Ganteng Doang, Untuk Siapa?

Hasil tersebut didapatkan dari survei pada 1.220 responden acak dengan stratified multistage random sampling kepada warga yang telah mempunyai hak pilih pada 13-20 Maret 2022.

Walau begitu, duet Prabowo-Puan disebut bakal kalah jika berhadapan dengan Ganjar-Airlangga yang memiliki selisih 1%. Menurut survei tersebut, Prabowo-Puan mengantongi 39,3% suara sedangkan Ganjar-Airlangga mendapatkan 40,3% dukungan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top