News

Sudah Sebar Promosi-Harga Tiket, Super Air Jet Ternyata Belum Kantongi Izin Buka Rute

Sudah Sebar Promosi-Harga Tiket, Super Air Jet Ternyata Belum Kantongi Izn Buka Rute

Super Air Jet siap mengudara di langit Indonesia. Bahkan, maskapai penerbangan anyar ini telah mempublikasikan sejumlah rencana, promosi, sampai harga tiket dari rute penerbangan yang bakal dibuka.

Maskapai baru ini diketahui telah mengantongi sertifikasi AOC (Air Operator Certificate) dari Kementerian Perhubungan RI dengan tipe pesawat Airbus A320. Maskapai ini memiliki SIUAU-NB (Surat Izin Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal) bernomor SIUAU/NB-036.

Tetapi, sampai saat ini Kementerian Perhubungan menyatakan maskapai tersebut belum mengajukan izin rute penerbangan. Tanpa izin tersebut, maskapai tidak dapat membuka layanan penerbangan.

“Izin rute kami telah (diurus) online. Namun hingga detik ini belum ada (izin rute Super Air Jet) masuk ke aplikasi DJU,” terang Novie Riyanto, Dirjen Perhubungan Udara, seperti dilansir dari detikcom, Selasa (29/6/2021).

Prosesnya, usai mendapat AOC, Super Air Jet harus mengajukan izin rute penerbangan agar dapat membuka layanan. Selain itu, maskapai juga harus berkoordinasi bersama operator bandara. Tujuannya untuk meminta slot time bandara tujuan ataupun bandara keberangkatan dalam sebuah rute.

Lihat Juga : Super Air Jet, Maskapai Baru Tanah Air Yang Menargetkan Para Milenial

Namun di lain sisi, maskapai Super Air Jet telah mulai mempublikasikan sejumlah rencana rute yang bakal dibuka. Di laman superjetair.com, pada menu pilihan promotions terdapat sejumlah penawaran rute sekaligus harganya.

Mulai dari Jakarta-Palembang harga Rp 252 ribu, Jakarta-Pekanbaru mulai dari harga Rp 423 ribu dan Jakarta-Medan Kualanamu dengan tarif Rp 536 ribu. Lalu, maskapai baru ini juga melayani rute penerbangan Jakarta-Pontianak dengan tarif mulai Rp 385 ribu, Jakarta-Padang Rp 440 ribu, dan Jakarta-Batam mulai dari Rp 429 ribu.

Sementara, rute Jakarta-Lombok mulai dari tarif Rp 416 ribu, Jakarta-Surabaya mulai Rp 348 ribu, Jakarta-Denpasar mulai Rp 426 ribu dan Jakarta-Banjarmasin Rp 437 ribu.

Tetapi, hingga kini rute-rute yang tertulis di situs milik Super Air Jet tersebut belum ada yang dapat dipesan tiketnya. Selain itu, menu online booking yang terdapat pada website tersebut juga masih ditutup, dan disebutkan bakal segera dibuka.

To Top