News

Suharso Monoarfa Sepakat Mundur, Muhammad Mardiono Jadi Plt Ketum PPP

Suharso Monoarfa Diganti Mardiono

Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa disebut sudah mengetahui dan sepakat dengan usulan pemberhentian dirinya dari jabatan ketua Umum dan digantikan Muhammad Mardiono.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani saat jumpa pers di kkompleks parlemen pada Senin (5/9/2022). Ia juga menyebut Mardiono dan Suharso telah melakukan komunikasi langsung terkait pemberhentian itu.

“Ada komunikasi ya itu bahkan sempat teleponan lah Pak Suharso dengan Pak Mardiono. Kalau sudah sudah sesuai dengan AD/ART atau enggak jawabannya sudah,” kata Arsul kepada wartawan.

Suharso Monoarfo diketahui tidak menghadiri Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PPP yang memberhentikannya dari posisi ketua umum pada Minggu (4/9/2022) menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) itu sedang melakukan kunjungan kerja ke Prancis bersama Menteri Perhubungan.

Selain dengan Mardiono, Suharso juga sempat berkomunikasi dengan eks Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy. Suharso disebut sempat menyatakan niatnya untuk mengundurkan diri kepada Romy.

“Pak Romahurmuziy mantan ketum. Itu beliau sempat menyampaikan keinginan untuk mengundurkan diri. Itu dalam komunikasi telpon dua hari yang lalu,” ungkap Arsul.

Lihat Juga: Internal PPP Menghangat, Suharso Monoarfa Didesak Mundur dari Ketua Umum

Suharso Monoarfa Digantikan Mardiono

Anggota Komisi III DPR ini pun menekankan bahwa pemberhentikan Suharso dari jabatan Ketua Umum sudah sesuai aturan partai. Ia memastikan Mardiono bakal mengisi kursi Plt Ketua Umum untuk sisa periode 2020-2025.

Menurutnya, Mukernas merupakan forum tertinggi setelah Muktamar. Dengan begitu, pihaknya akan menyerahkan kepengurusan baru PPP kepada Kemenkumham secepatnya.

“Kalau kita berpatokan pada AD/ART maka memang Plt meneruskan sisa masa jabatan yang sekarang ini gaya PAW saja ibaratnya,” kata dia.

Mukernas PPP yang digelar pada 4-5 September 2022 memutuskan Suharso digantikan Muhammad Mardiono sebagai ketua umum partai berlambang ka’bah.

Mardiono sendiri saat ini menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Selain politikus, ia juga dikenal sebagai pengusaha. Dalam riwayatnya, Mardiono pernah menduduki posisi CEO di berbagai perusahaan.

Di sisi lain, dia menyebut tidak ada istilah pemberhentian atau pemecatan pada Suharso Monoarfa. Mardiono mengatakannya sebagai pembagian tugas.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top