News

Sumbang Rp 2 T Untuk Penanganan COVID-19, Siapa Sosok Akidi Tio?

Sosok AKidi Tio Penyumbang 2 T Untuk COVID-19

Sumbangan Rp 2 triliun dari keluarga seorang pengusaha Bernama Akidi Tio menjadi sorotan publik. Dana hibah triliunan rupiah tersebut diberikan untuk membantu penanganan pandemi COVID-19. Dokter keluarga alm Akidi, Hardi Dermawan membeberkan, Akidi merupakan pengusaha di bidang bangunan dan perkebunan.

“Pengusaha bangunan, traso. Ada usaha perkebunan pula, tetapi itu urusan keluarga. Ini hanya kedekatan saya dengan keluarga pasien,” ujar dokter Hardi kepada wartawan pada, Selasa (27/7/2021).

Hardi menuturkan telah mengenal sosok pengusaha tersebut sejak puluhan tahun lalu. Namun Akidi telah wafat pada 2009 lalu dan dikebumikan di Palembang.

“Saya berhubungan hanya antara dokter dengan pasien saja. Tidak ada hubungan lain, bisnis tak ada, murni pasien dengan dokternya yang telah puluhan tahun mengenal,” tuturnya.

Hibah dengan nilai fantastis tersebut diterima oleh Kapolda Sumatera Selatan Irjen Eko Indra Heri dengan disaksikan Gubernur Herman Deru dan Dandrem Garuda Dempo Brigjen TNI Jauhari Agus.

Lihat Juga: 12 Skill yang Wajib Dimiliki Pengusaha, Sudah Punya Belum?

Dahlan Iskan Cari Tau Sosok Akidi Tio

Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku penasaran dengan sosok pengusaha tersebut. Dahlan sampai menghubungi banyak kenalannya yang mungkin mengenal atau mengetahui Akidi. Diketahui alm Akidi Tio merupakan orang yang rendah hati, dermawan dan sering kali tidak menunjukkan identitasnya.

Hal tersebut diungkap Hardi Darmawan melalui tulisan Dahlan Iskan. Hardi menceritakan, setiap dating ke tempat praktiknya, Akidi selalu hanya memakai baju dan celana berwarna putih.

Dahlan pun mengaku makin dibuat penasaran sebab seluruh kenalannya dari kalangan Tionghoa di Palembang tidak mengenali Akidi Tio. Menurut Hardi, hal tersebut dikarenakan Akidi sangat rendah hati dan tak mau menonjol.

“Beliau banyak sekali berdonasi. Tetapi selalu hanya atas nama hamba Tuhan,” kata hardi seperti dikutip Dahlan di tulisannya di laman disway.id, Rabu (28/7/2021).

Berdasarkan pengakuan Hardi, Akidi pernah memiliki pabrik kecap, perkebunan sawit, mebel dan kontraktor bangunan.

Merasa belum cukup, Dahlan akhirnya menghubungi Alex Noerdin yang pernah menjabat sebagai Gubernur Sumatera Selatan. Alex juga mengaku tidak mengenal nama pengusaha tersebut. Tidak berhenti di situ, Dahlan lalu menghubungi mantan Menteri dari Palembang yang ta kia sebutkan Namanya. Namun jawabannya juga sama.

Dahlan Iskan kemudian menghubungi 5 pengusaha Tionghoa di Palembang dan mereka tak ada yang mengenali nama Akidi Tio. Selain itu, Dahlan juga menghubungi seseorang bermarga Tio, namun jawabannya pun sama, tak mengenal nama tersebut.

Dalam tulisannya, Dahlan Iskan menilai, Akidi Tio merupakan pengusaha yang sangat rendah hati. Menurutnya hal seperti itu banyak ditemui di kalangan masyarakat Tionghoa. Dahlan mengaku memiliki banyak teman Tionghoa yang seperti Akidi.

Sehari-hari hanya mengenakan sandal, pakaian lusuh dari kain yang biasa-biasa saja. Namanya tak banyak dikenal namun uangnya sangat banyak.

“Saya malu kalau memakai baju bagus di depan mereka,” pungkas Dahlan Iskan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top