News

Surya Paloh Bertemu 4 Ketum Parpol  dan SBY, Ada Agenda Apa?

Surya Paloh

Baru-baru ini Ketua Umum (Ketum) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh menerima kunjungan dari sejumlah ketum hingga petinggi partai politik (parpol) secara maraton. Terbaru, ia menerima kunjungan dari Ketua Majelis Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Jika menilik ke belakang, sejumlah ketum parpol telah berkunjung ke NasDem Tower. Selain SBY, ada Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum Golkar Airlangga Hartarto bahkan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Lihat Juga: Nasdem Gandeng Anies-Ridwan Kamil Untuk Kovensi Pilpres 2024

Tokoh Politik Temui Surya Paloh

Dimulai dari yang terbaru, berikut tokoh politik yang bertemu Surya Paloh.

SBY

SBY datang ke NasDem Tower pada Minggu (5/6/2022) malam. Kabar pertemuan kedua tokoh politik itu dikonfirmasi oleh elite Demokrat Andi Arief.

Dalam kunjungan itu, Surya Paloh didampingi Ketua Koordinator Pemenangan Pemilu Prananda Paloh dan Sekjen NasDem Johnny G Plate. Sementara SBY bersama AHY. Menurut Andi Arief tujuan kedatangan SBY itu adalah kunjungan balasan.

“Kunjungan balik Pak SBY atas kunjungan SP di Amerika saat SBY berobat. Sebagai orang Timur layaknya begitu,” terang Andi Arief saat dimintai konfirmasi, Senin (6/6/2022).

Prabowo Subianto

Beberapa hari sebelumnya, Paloh mendapat kunjungan dari Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Pertemuan tersebut juga berlangsung di NasDem Tower. Mereka bertemu pada Rabu (1/6/2022). Elite NasDem yang hadir di antaranya Ahmad Sahroni, Enggartiasto Lukita dan Willy Aditya.

Sementara Prabowo didampingi Sekjen Ahmad Muzani, Wakil Ketum Gerindra Sugiono dan Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Menurut Surya, pertemuan tersebut sebagai romantisme persahabatan demi kemajuan bangsa. Sehari kemudian, Paloh kembali mengungkap perbincangannya dengan Prabowo.

“Banyak kita cerita, bukan baru ya. Kita bicara lepas-lepas aja ya kan, tidak hanya dalam kapasitas dia sebagai Ketum Gerindra, saya Ketum NasDem, sebagai teman juga,” ujarnya di NasDem Tower, Kamis (2/6/2022).

AHY

Dua bulan sebelum SBY berkunjung, yaitu pada tanggal 29 Maret 2022, AHY berjumpa dengan Surya Paloh di NasDem Tower. Pada pertemuannya, AHY menyampaikan harapan sang ayah kepada Paloh.

Lihat Juga: Usulan Capres dari NasDem, Ada Anies Baswedan-Andika Perkasa

Harapan SBY tersebut adalah agar Demokrat dan Nasdem terus memberikan peran untuk negara. Hal inilah yang selalu didiskusikan Paloh dengan SBY sejak tahun 2004.

“Harapannya tadi beliau sampaikan semoga NasDem dan Demokrat bisa terus berperan dan semakin berperan ke depan untuk negeri seperti yang sering Pak Surya Paloh dan Pak SBY diskusikan sejak 2004 perjalanan panjang,” kata AHY di NasDem Tower setelah pertemuan, Selasa (29/3/2022).

Airlangga Hartarto

Ketum Golkar Airlangga Hartarto datang ke NasDem Tower untuk bertemu dengan Paloh pada 20 Maret 2022. Selain soal penundaan Pemilu 2024, Paloh dan Airlangga juga mempertemukan Bendahara Umum (Bendum) NasDem Ahmad Sahroni dan politikus Golkar sekaligus Wali Kota Tangerang Airin Rachmi Diany.

Sementara Airlangga menuturkan Presiden Joko Widodo menghargai aspirasi yang muncul dari masyarakat, termasuk isu penundaan pemilu. Tapi Presiden mengingatkan agar seluruh aspirasi disesuaikan dengan aturan hukum yang berlaku.

Zulkifli Hasan (Zulhas)

Rupanya pertemuan Surya Paloh dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas tak diketahui publik. Adanya pertemuan tersebut diungkap oleh politikus PAN Bara Hasibuan.

Pertemuan mereka berlangsung di rumah Paloh di Jakarta pada 23 Mei 2022. Artinya, mereka bertemu sebelum pertemuan Prabowo dan Paloh. Foto pertemuan Zulhas dan Paloh pun diunggah oleh Bara.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

twenty + 6 =

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top