News

Susi Pudjiastuti “Laut Arafuru dan Natuna bukan milik kapal-kapal Asing”

Menteri Susi Pudjiastuti terhadap IUU Fishing

Susi Pudjiastuti ‘Menteri Kelautan dan Perikanan’ menegaskan bahwa sumber daya yang terkandung di laut Natuna dan Arafuru adalah milik Indonesia, bukan negara lain. Selain Warga Negara Indonesia aka Warga Negara Asing akan ditindak tegas.

“Laut Arafuru dan Natuna bukan milik kapal-kapal Thailand, Tiongkok, Vietnam, tetapi milik kapal-kapal Indonesia,” ujar Susi (30/3).

Susi menambahkan bahwa dirinya ingin mengubah penangkapan ikan ilegal menjadi legal, tercatat, dan teregulasi dengan baik.

“Saya tidak setuju dengan pandangan yang mengatakan mubazir karena kapal kita tidak bisa ke ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif),” ucapnya.

Banyak Kapal asing yang mengincar sumber daya laut Indonesia, yang negara lain tidak memilikinya.

“Melihat kejadian beberapa tahun terakhir di mana banyak kapal ikan Republik Rakyat Tiongkok yang memasuki wilayah Indonesia tanpa izin, sudah selayaknya pemerintah mengambil sikap lebih tegas,” ujar legislator PKS, Rofi Munawar.

Dalam menegakkan kedaulatan dan yuridiksi wilayah perairan Indonesia, seperti insiden “Natuna” yang baru-baru ini terjadi. Sudah Seharusnya Pemerintah Indonesia bersikap tegas dan mengambil langkah kedepan demi kedaulatan NKRI.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top