News

Susi Pudjiastuti Siapkan Kapal Induk dan Helikopter Jaga Laut Indonesia

Reformasi Bidang Kelautan

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan menyiapkan kapal induk dan sejumlah helikopter untuk dapat melakukan pengawasan laut dari berbagai tindakan ‘ilegal Fishing’ yang tentunya dapat merusak ekosistem laut Indonesia.

Agus Dermawan selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang laut Kementerian Kelautan dan Perikanan mengatakan (26/4), “Hal ini adalah salah satu langkah berkomitmen dari KKP untuk mengamankan laut kita dari berbagai tindakan kriminal.”

Agus menambahkan, rencana pembelian kapal induk adalah sebuah komitmen besar dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sebagai bentuk memberikan perhatian bagi nelayan asing agar tidak mencuri ikan di perairan Indonesia.

“ukuran kapal kurang lebih mencapai 120 meter, kalau tidak salah Indonesia belum mempunyai kapal sebesar itu. dan semua rencana tersebut untuk pengawasan wilayah laut,” ujarnya.

Dana yang akan dikeluarkan untuk membuat kapal tersebut sebesar Rp.600 Miliar yang akan diambil dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ‘APBN’, pungkas Menteri Susi Pudjiastuti.

Susi mengatakan bahwa kapal raksasa tersebut dibutuhkan untuk memberantas para pencuri ikan. Selama ini kapal pencuri ikan rata-rata berukuran besar.

Selain Kapal Induk, Kementrian Kelautan dan Perikanan akan membeli enam helikopter. seperti yang dikatakan Agus, “Rencana akan ada enam helikopter yang akan dibeli, semua untuk pengawasan laut kita, agar nelayan kita bisa mendapatkan ikan yang memang dari perairan Indonesia.”

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top