News

Syarat Mudik dengan Kereta Api untuk Anak-anak di Bawah 6 Tahun

Syarat Mudik dengan Kereta Api untuk Anak-anak di Bawah 6 Tahun

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 sudah merilis syarat mudik dengan kereta api menjelang mudik lebaran 2022. Aturan tersebut juga berlaku bagi anak usia di bawah enam tahun.

Aturan tertulis dalam Surat Edaran (SE) No 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi COVID-19.

Adapun syarat mudik dengan kereta api bagi anak di bawah usia enam tahun adalah: Mereka dikecelualikan dari ketentuan vaksinasi. Selain itu, mereka juga tak wajib menyertakan hasil negatif tes PCR maupun rapid tes antigen.

Lihat Juga: Syarat Mudik 2022: Jokowi Cabut Aturan Karantina bagi PPLN hingga Wajib Vaksin Booster

Meski begitu, mereka wajib melakukan perjalanan dengan didampingi oleh orang yang sudah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan COVID.

Syarat Mudik dengan Kereta Api bagi Penumpang Dewasa

Sementara bagi penumpang dewasa sendiri terdapat empat poin utama, yakni:

  1. Penumpang yang sudah mendapat vaksinasi dosis ketiga (booster) tak wajib menyertakan hasil negatif tes PCR maupun rapid tes antigen.
  2. Pelaku perjalanan yang sudah mendapat vaksinasi dosis kedua wajib menyertakan hasil negatif rapid tes antigen yang hasilnya diambil dalam kurun waktu 1×24 jam. Sedangkan hasil negatif tes PCR sampel harus diambil dalam kurun waktu 3×24 jam sebelum jadwal keberangkatan.
  3. Syarat mudik dengan kereta api berikutnya yakni, pelaku perjalanan yang mendapat vaksinasi dosis pertama harus melampirkan hasil negatif tes PCR yang diambol dalam kurun waktu 3×24 jam sebelum jadwal keberangkatan.
  4. Calon penumpang yang memiliki riwayat kesehatan khusus dan penyakit komorbid yang tak bisa menerima vaksinasi wajib menyertakan hasil negatif tes PCR dengan sampel yang diambil dalam kurun waktu 3×24 jam. Selain itu, penumpang dengan kondisi kesehatan khusus ini juga wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari RS Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tidak/belum bisa mendapatkan vaksin COVID-19.

Lihat Juga: Beneran Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Idul Fitri 2022?

Perlu diketahui, syarat mudik dengan kereta api tersebut tak berlaku untuk perjalanan kereta satu wilayah atau kawasan aglomerasi.

Selain itu, berikut peraturan protokol kesehatan dari Satgas COVID:

  • Setiap pelaku perjalanan wajib mematuhi protokol kesehatan 3M, yakni: memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, mencuci tangan menggunakan sabun maupun hand sanitizer.
  • Penumpang wajib memakai masker kain tiga lapis atau masker medis yang menutup dagu, mulut dan hidung. Lalu, mengganti masker setiap empat jam sekali dan membuatnya ke tempat yang telah tersedia.
  • Wajib menjaga jarak minimal 1,5 meter.
  • Penumpang tidak diperbolehkan berbicara satu arah atau dua arah lewat telepon maupun secara langsung selama perjalanan.
  • Penumpang tidak boleh makan atau minum selama perjalanan penerbangan bagi perjalanan kurang dari jam, kecuali bagi penumpang yang wajib mengkonsumsi obat untuk pengobatan yang apabila tak dilakukan bisa membahayakan keselamatan atau kesehatannya.

Itulah syarat mudik dengan kereta bagi anak di bawah enam tahun hingga penumpang dewasa, lengkap dengan peraturan protokol kesehatan dari Satgas COVID.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top