News

Tak Takut COVID-19, Pantai Pangandaran Dipenuhi Pengunjung

Tak Takut COVID-19, Pantai Pangandaran Dipenuhi Pengunjung

Sebuah video pendek yang beredar dan menjadi viral memperlihatkan kondisi Pantai Batukaras, Pangandaran dipenuhi pengunjung. Video yang diambil saat masa libur Lebaran itu disertai narasi yang membandingkan dengan festival keagamaan di India yang dihadiri oleh jutaan orang.

Mereka yang ikut berkerumun, melakukan ritual keagamaan dengan berendam di Sungai Gangga secara bersamaan malah memicu ledakan kasus COVID-19.

“Ini Pantai Pangandaran lebih ramai dari Ancol.. Lebih seperti yang di India..” cuit akun Twitter bernama @Paltiwest pada Sabtu, (15/5/2021) sore.

Video serupa juga diunggah pengguna internet lainnya di media sosial Twitter bernama @MurtadhaOne1 “Ini pantai pangandaran desanya bu @susipudjiastuti lupa pandemi.”

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat mengumumkan tempat wisata di sekitar Pantai Batukaras, Kabupaten Pangandaran ditutup sementara mulai Minggu, 16 Mei 2021. Penutupan tersebut hingga waktu yang belum ditentukan.

Lihat Juga: Situ Gunung, Ikon Wisata Sukabumi Dengan Pemandangan Mengesankan

Langkah ini adalah respons pemerintah daerah setempat terhadap membeludaknya wisatawan yang datang tanpa memenuhi protokol kesehatan.

“Untuk penutupan destinasi wisata Batu Karas dimulai pada Minggu, jam 00.00 WIB nanti hingga dengan waktu yang tak ditentukan. Dan ini hasil rapat koordinasi antara kami dengan Kabupaten Pangandaran,” tutur Dedi Taufik, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Sabtu (15/5/2021).

Penyekatan Di Kalipucang Dan Pangandaran Diperketat

Dalam rapat tersebut juga diputuskan adanya penyekatan secara ketat di kawasan Kalipucang dan gerbang Pangandaran. Upaya lain yang dilakukan yaitu dengan mengadakan tes antigen di sejumlah tempat wisata yang menjadi tujuan pengunjung.

Dedi mengatakan, berdasarkan laporan dan juga pantauan di beberapa destinasi wisata, khususnya di Pantai Batukaras telah terjadi peningkatan kunjungan yang signifikan. Tidak sedikit pengunjung yang tak mematuhi protokol kesehatan. Bahkan banyak pula yang tidak memakai masker.

Petugas gabungan dari TNI dan Polri pun diterjunkan untuk membubarkan pengunjung di pantai tersebut. Selain itu, petugas juga memutar balik kendaraan yang akan memasuki kawasan wisata tersebut.

Lihat Juga: Ini Daerah Di Jawa Barat Yang Paling Banyak Terpapar Virus Corona Covid-19

“Jadi tingkat kedatangan memang tinggi. Ini respons yang harus secepatnya dilakukan. Kami memahami momen liburan ini masyarakat ingin datang ke destinasi wisata. Namun harus ingat kalau protokol kesehatan sangat penting, sebab masih dalam kondisi pandemi,” ujar Dedi.

Sebelumnya, Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat telah menginstruksikan penutupan akses menuju objek wisata di kawasan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, dan Ciwidey, Kabupaten Bandung.

“Pangandaran dan akses menuju Ciwidey disetujui ditutup bagi wisatawan,” kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Bandung, Sabtu (15/5/2021).

Hal tersebut tidak lepad dari prediksi daerah tujuan wisata bakal dikunjungi oleh masyarakat seiring adanya kebijakan pelarangan mudik pada momen Lebaran 2021. Oleh karena itulah pengawasan serta pengendalian terhadap destinasi wisata selama libur Lebaran terus diperketat.

Hingga saat ini, Ridwan Kamil mengatakan objek wisata di kawasan Puncak dan Lembang masih aman terkendali. Ia mengimbau kepada masyarakat, khususnya para wisatawan untuk memutar balik kendaraannya karena adanya penutupan akses menuju Pangandaran dan Ciwidey.

To Top