News

Tarif Fixed MRT Jakarta Yang Sudah di Sepakati

Tarif MRT Jakarta

Prasetyo Edi Marsudi selaku Ketua DPRD Jakarta, mengatakan, tarif yang akan diberlakukan untuk layanan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta berkisar diatas Rp 10 ribu. Kendati demikian, dirinya belum bisa menyebutkan besaran tarif pasti untuk MRT ini.

Dia menyampaikan, tarif MRT akan diputuskan pada Senin (25/3) besok, melalui rapat pimpinan gabungan (rumah) di DPRD DKI Jakarta.

“Tarif sudah disepakati. Hasilnya besok diumumkan dan diketok palu melalui rapim. Semua sudah oke,” kata Prasetyo Edi Marsudi, Minggu (24/3).

Prasetyo tidak menampik jika tarif yang akan diberlakukan kisaran Rp 10 ribu hingga Rp 16 ribu. Menurutnya, tarif MRT tidak bisa kurang dari Rp 10 ribu, karena masalah anggaran untuk subsidi terlampir besar. Atas dasar itu, tarif MRT yang akan diberlakukan di bawah Rp 16 ribu dan di atas Rp 10 ribu.

“Harga udah ada, tebal tipisnya itu, di atas Rp10 ribu, di bawah Rp 16 ribu. Antara itu. Kalau di bawah Rp 10 ribu, subsidinya kegedean. Saya sama Pak Gubernur sudah cocok nih soal tarif,” kata dia.

Menurutnya, ketentuan tarif tidak serta merta mematok harga Rp 16.000. Melainkan perhitungannya sudah dipertimbangkan. Misalkan, bila Penumpang masuk kereta MRT dan duduk, baru dikenakan Rp 3 ribu.

Kemudian, dihitung dengan kilometer jarak tempuh kereta. Per satu kilometer dikenakan tarif Rp 1 ribu. Jika, melanjutkan perjalanan ke stasiun berikutnya akan kena tarif tambahan Rp 1 ribu.

“Jadi, enggak langsung Rp 16 ribu. Saya rasa masyarakat Jakarta mampu lah, kan kita untuk menekan dan mengurai masalah kemacetan. jadi layak lah segitu supaya Jakarta agak lebar,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, tarif yang akan digunakan tidak flat layaknya angkutan Bus Transjakarta dan Kereta Rel Listrik (KRL). Anies menyebutkan, tarif MRT akan dihitung berdasarkan perhitungan jarak stasiun ke stasiun. Estimasi tarif yang diberlakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yaitu Rp 10 ribu.

“Kalau (MRT) ini tarifnya berdasarkan stasiun. Anda naik dari stasiun mana, turun stasiun mana, harganya beda-beda,” ujar Anies.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top