News

Tarik Tunai Dan Cek Saldo Di ATM LINK Mulai 1 Juni Jadi Berbayar

Tarik Tunai Dan Cek Saldo Di ATM LINK Mulai 1 Juni Jadi Berbayar

Cek saldo di ATM LINK/Himbara atau ATM Merah Putih bakal dikenai biaya per 1 Juni 2021 mendatang. Sebelumnya, tidak ada biaya yang dikenakan atau gratis. Aestika Oryza Gunarto, Corprate Secretary PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengatakan perubahan biaya ini merupakan kesepakatan 4 Bank negara yaitu BNI, BRI, BTN dan Bank Mandiri.

“Perubahan biaya itu kesepakatan bank milik negara dalam upaya mendukung kenyamanan nasabah bertransaksi,” tuturnya seperti dilansir dari detikcom, Jumat (20/5/2021).

Ia menuturkan bagi nasabah BRI, dapat mengecek saldo menggunakan BRImo atau internet banking tanpa ada biaya. Perubahan biaya transaksi Cek Saldo menjadi Rp 2.500 sedangkan tarik tunai Rp 5.000. Perubahan tersebut mulai berlaku pada 1 Juni 2021 dan akan berlaku hingga adanya perubahan kembali.

Selain bertransaksi di ATM LINK, nasabah juga tetap bisa bertransaksi di ATM atau CRM bank masing-masing yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia tanpa perubahan biaya. BRI juga mengimbau nasabah untuk bertransaksi secara cashless atau melalui transaksi perbankan digital agar lebih mudah dan aman.

Lihat Juga: Perbedaan Giro, Tabungan, dan Deposito yang Harus Diketahui

“Selain bisa memakai Internet Banking BRI, salah satu layanan digital banking BRI yang bisa dipakai yaitu BRImo,”jelas Aestika.

ATM Bersama

ATM Bersama adalah salah satu jaringan witching di Indonesia. Jaringan ATM yang kini memiliki lebih dari 94 bank dan lembaga lainnya ini mulai beroperasi pada 1990. Layanan ATM satu ini seringkali digunakan untuk transfer, tarik tunai, dan kini bisa juga untuk cek saldo.

Beroperasi selama 30 tahun, bisa dikatakan ATM Bersama adalah pelopor bagi transaksi antar bank berbeda di Indonesia. Saat ini, jaringan ATM Bersama telah menghubungkan lebih dar 80 ribu bank populer di Tanah Air.

Lihat Juga: Alasan Mengapa Semua Orang Perlu Tahu Kode Bank

ATM LINK sendiri merupakan ATM milik 4 bank negara yang tergabung dalam Himbara (Himpunan Bank Negara). keempat bank tersebut adalah Bank BNI, BRI, BTN dan Bank Mandiri yang memiliki logo ATM LINK. Saat ini telah tersebar 53 ribu ATM LINK di seluruh wilayah RI.

ATM Prima

Salah satu produk milik Jaringan Prima ini menghubungkan transaksi antar bank pada seluruh jaringan ATM di Indonesia. Jaringan ATM ini juga terhubung dengan 80 lebih Bank di Indonesia. ATM Prima juga dilengkapi fitur Online settlement yang bisa memproses settlement antar bank yang selesai dalam satu hari kerja.

To Top