Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 mempunyai cerita sejarah tersendiri. Dimana Presiden pertama Indonesia membacakan pidato pada hari kemerdekaan indonesia tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 pada pukul 10.00 WIB di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta Pusat.

Teks proklamasi ditulis oleh beberapa orang diantaranya adalah, ir. Soekarno, M. Hatta, Achmad Soebardjo. Pada ruang depan dihadiri oleh, Soekarni, B.M. Diah, Sudiro dan Sayuti Melik turut menyaksikan rancangan teks proklamasi tersebut.

Saat itu Sukarni memberi usulan agar teks proklamasi tersebut ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta mewakili Bangsa Indonesia.

Rancangan teks proklamasi sudah disepakati oleh mereka, kemudian Sayuti Melik selaku tokoh pemuda mendapatkan kesempatan untuk mengetik naskah teks proklamasi tersebut.

Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/Hatta

Ketika teks proklamasi kemerdekaan dibacakan oleh Ir. Soekarno 17 Agustus 1945, tidak ada yang merekam suara ataupun video. Suara asli Ir. Soekarno yang biasa kita dengar merupakan rekaman pada tahun 1951 di Studio Radio Republik Indonesia ‘RRI’. Pendiri Radio Republik Indonesia ‘Jusuf Ronodipuro’ merupakan orang yang memprakarsai rekaman saat itu.

This website uses cookies.