News

Tema Lomba Tulis Artikel Tuai Kritik, BPIP Sebut Bentuk Penguatan Nasionalisme

Tema Lomba Tulis Artikel Tuai Kritik, BPIP Sebut Bentuk Penguatan Nasionalisme

Sekretaris BPIP Achamd Uzair Fauzan menuturkan, tema dari lomba menulis artikel BPIP bertema ‘Hormat Bendera Menurut Hukum Islam telah disesuaikan dengan peringatan Hari Santri. Ia menegaskan, tema tersebut tidak bermaksud untuk membenturkan agama dengan Pancasila.

Ia menyebut bahwa santri mempunyai tradisi membahas isu sosial dari perspektif kajian agama. Uzair mengatakan lomba menulis artikel ini untuk mendalami warisan keislaman dalam rangka memperkuat nasionalisme.

“Tidak membenturkan Pancasila dengan agama. Tetapi bagian mendalami lagi nilai-nilai kutural jadi dapat memperkuat pembinaan ideologi Pancasila,” kata Uzair, seperti dikutip dari Liputan6.com, Minggu (15/8/2021).

Selain lomba penulisan artikel, BPIP juga mengadakan berbagai pelatihan dan pendidikan serta seminar program pembinaan ideologi Pancasila.

“Bagian dari pembinaan tersebut yaitu dengan mengikutsertakan partisipasi masyarakat dalam bentuk berbagai lomba,” ujarnya.

Lihat Juga: BPIP Diminta Bubar, Mahfud Md Angkat Suara

Mengenai pemilihan tema lomba menulis artikel BPIP yang dinilai tak sesuai dengan kondisi saat ini, Uzair mengingatkan bahwa tiap institusi mempunyai tugas dan fungsinya masing-masing. Sehingga, tiap acara maupun lomba yang diadakan telah disesuaikan dengan tugas serta fungsi BPIP yaitu, ideologi Pancasila dan nasionalisme.

“Ini kan BPIP tugas dan fungsinya lain-lain ya, pemerintah kan memiliki tugas dan fungsi lain-lain. Ada banyak kementerian, yang menangani pandemi siapa, yang dapat memberi dana, yang menangani korupsi siapa. Tugas dan fungsi kita kan di pembinaan nasionalisme dan ideologi Pancasila,” terangnya.

“Nanti kita dalam logika anggaran tersebut kan tak dapat menangani di luar tupoksinya. Kita menjalankan sesuai amanat dan tugas serta fungsinya. Tema kita dan tupoksi kita yaitu ideologi Pancasila dan nasionalisme,” sambungnya.

Sementara BPIP mengklaim telah mendapat dukungan dari PSPBN (Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Indonesian Public Institute. Sedangkan dalam konferensi pers pada, Minggu (15/8/2021), rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Prof Dr Wawan Wahyudin, mengatakan lomba menulis artikel tersebut memotivasi generasi muda.

“Mendukung penuh apa yang dilakukan oleh BPIP dalam membuat artikel tingkat nasional,” kata Wawan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top